Taiki
Konnichiwa.

Tias
....

Taiki
Konnichiwa Tias san, dijawab dong.

Tias
Aa iya, konnichiwa Taiki san.

Taiki
Kan sudah belajar, harus dipraktekkan biar ingat.

Tias
Sumimasen.

Taiki
Bagus. Oke hari ini kita lanjut belajar, temanya Kata Penunjuk Benda dan Tempat.

Tias
Sepertinya sulit.

Taiki
Tenang, mudah kok. Siap?

 

Kata Penunjuk Benda

Kore
(これ)
Arti
Ini

 

Sore
(それ)
Arti
Itu

 

Are
(あれ)
Arti
Itu (jauh)

Taiki
Untuk perbedaan "Sore" dan "Are", misal Tias san lagi ngobrol dengan teman. Tias
san menunjuk barang dekat teman, kita pakai "Sore". Tapi kalau barang yang ditunjuk
sama-sama jauh dari Tias san dan teman, kita pakai "Are".

Tias
Bentar aku bayangin dulu situasinya.

Taiki
Paham? Kita masuk ke kalimat ya.

Tias
Oke

 

Kore wa hon desu.
(これ は ほん です。)
Arti
Ini buku.
Hon : buku

 

Sore wa kaban desu.
(それ は かばん です。)
Arti
Itu tas.
Kaban : tas

Taiki
Partikel "wa" menandai topik kalimat. Sedangkan "desu" biasa digunakan untuk mengakhiri kalimat.

Tias
Oh iya ya, kan topiknya "Kore" dan "Sore".

Taiki
Selanjutnya ada!
Kono
(この)
Arti
ini

 

Sono
(その)
Arti
itu

 

Ano
(あの)
Arti
itu(jauh)

Taiki
Kata penunjuk ini punya arti sama seperti "Kore", "Sore" "Are".

Tias
Aku bingung....

Taiki
Artinya sama, bedanya kata ini harus diikuti kata benda.
Kono hon wa omoshiroi desu.
(この ほん は おもしろい です。)
Arti
Buku ini menarik.
Omoshiroi : menarik

 

Ano onna wa kirei desu.
あの おんな は きれい です。
Arti
Wanita itu cantik
Onna : wanita / Kirei : cantik

Taiki
Coba liat contoh kalimat di atas. Kata "Hon" dan "Onna" sebagai kata benda yang mengikuti "Kono" dan "Ano".

Tias
Aku coba buat kalimat ya. "Sono wa oishii desu.", gimana?

Taiki
Aduh!! Kan barusan dijelasin, "Kono" "Sono" "Ano" wajib hukumnya diikuti kata benda.

 

 Sono wa oishii desu. 
Sono tabemono wa oishii desu. (Makanan itu enak.)
Arti
Tabemono : makanan
Oishii : enak

Taiki
Begini baru betul.

Tias
Iya iya, bercanda tadi.hehe
  • Koko : di sini
  • Soko : di situ
  •  Asoko : di sana (jauh)

Taiki
Contoh kalimatnya...
Koko wa kyousitsu desu.
(ここ は きょうしつ です。)
Arti
Di sini ruang kelas
Kyousitsu : ruang kelas

 

Asoko wa toshokan desu.
(あそこ は としょかん です。)
Arti
Di sana perpustakaan
Toshokan : perpustakaan

Taiki
Kalimat ini menjelaskan "di sini" dan "di sana" ruangan apa.

 

Kyousitsu wa koko desu.
(きょうしつ は ここ です。)
Arti
Ruang kelas di sini.
Ruang kelas ada di sini.
Toshokan wa asoko desu.
(としょかん は あそこ です。)
Arti
Perpustakaan di sana.
Perpustakaan ada di sana.

Taiki
Tapi kalau kalimatnya seperti ini, menjelaskan lokasi suatu tempat. Lokasi ruang kelas di sini, sedangkan lokasi perpustakaan di sana.

Tias
Maknanya jadi beda ya, padahal cuma dibalik.

Kata tanya

  • Nan(なん) : Apa
  • Dou(どう) : Bagaimana
  • Dare(だれ) : Siapa
  • Doko(どこ) : Di mana

Taiki
Untuk bertanya bisa menggunakan kata-kata di atas. Di akhir kalimat ditambahkan pula "ka", sebagai penanda kata tanya atau pengganti tanda tanya.
Kore wa nan desu ka.
(これ は なん です か。)
Arti
Ini apa?
Kore wa hon desu.
(これ は ほん です。)
Arti
Ini buku.

 

Kono hon wa dou desu ka.
(この ほん は どう です か。)
Arti
Buku ini bagaimana?

 

Kono hon wa omoshiroi desu.
(この ほん は おもしろい です。)
Arti
Buku ini menarik.

 

Ano onna wa dare desu ka.
あの おんな は だれ です か。
Arti
Wanita itu siapa?

 

Ano onna wa ane desu.
あの おんな は あね です。
Arti
Wanita itu kakak perempuan saya.
Ane : kakak perempuan saya

Tias
Aku coba ya.

Latihaaaan!

  • Koko wa nan desuka. (Di sini tempat apa?)
    Koko wa kyousitsu desu. (Di sini ruang kelas.)
  • Toshokan wa doko desu ka. (Perpustakaan di mana?)
    Toshokan wa asoko desu. (Perpustakaan di sana.)

Taiki
Tepuk tangan buat kamu, sudah pandai. Ngomong-ngomong ada juga kalimat begini.
Koko wa doko desuka.
(ここ は どこ ですか)
Arti
Di sini di mana?

 

Koko wa Tokyo desu.
(ここ は とうきょう です。)
Arti
Di sini Tokyo.

Taiki
Lihat ke contoh ! "Doko" di kalimat ini biasanya digunakan untuk menanyakan wilayah (kota atau daerah).

 

 

Kesimpulan

Tias
Kata penunjuk benda dan tempat dalam bahasa Jepang dilihat dari penggunaannya tidak berbeda dari bahasa Indonesia ya.

Taiki
Iya kan, makanya di awal tadi aku bilang mudah. Cuma, di bahasa Jepang kata penunjuk untuk sesuatu yang jaraknya dekat dan yang jauh dibedakan. Bahasa Indonesia punya "Itu", bahasa Jepang ada "Sore", "Are" serta "Sono", "Ano".
Kuy add LINE@ Japanesia!

Kita bink diary sehari-hari dengan bahasa Jepang yg mudah!

Klo kalian mau belajar bahasa Jepang dengan efektif, coba masuk aja!

Kita semuanya tunggu ikutan kalian ya! Makasih!

友だち追加

Kalo kamu suka
tolong follow ya

Kita sampaikan Artikel Terbaru!

Follow Twitter

Artikel Dianjurkan