Taiki
Haii, lagi baca apa? Novel?

Tias
Bukan, ini daftar kosakata bahasa Jepang.

Taiki
Ooh, ngomong-ngomong udah hafal berapa kata kerja kamu?

Tias
Banyak. Eh, bisa dibilang banyak nggak ya..

Taiki
Emang berapa?

Tias
Kata kerja aja kan, nggak ada 30 kayaknya. hehe

Taiki
Bener-bener dikit itu, banyak dari mana? hedeh... selama ini ngafalin apa kamu.

Tias
Habisnya, kata benda aja blum hafal-hafal.

Taiki
Semangat dong, biar cepet bisa bahasa Jepang. Keburu bosen aku ngajarinnya.

Tias
Iya iyaa.

Taiki
Sekarang coba sebutin kata kerja apa aja yang kamu hafal.

Tias
Yang paling aku hafal itu ikimasu, tabemasu sama shimasu.

Taiki
Bagus-bagus. Oh iya, kamu tau nggak klo tiga kata kerja tadi beda kelompok.

Tias
Kelompok? Kelompok apaan?

Taiki
Kata kerja bahasa Jepang itu sebenernya dibagi jadi 3 kelompok. Biasa disebut Grup I, Grup II dan Grup III.

Tias
Waduh, trus gimana bedainnya?

Taiki
Tenang, bakal aku ajarin sejelas-jelasnya. Sebelumnya, buat mempermudah pengelompokan kata, kata kerja sebaiknya diubah ke bentuk kamus. Dari situ kita bakal tau suatu kata kerja masuk kelompok mana.

Tias
Jujur ya...aku bingung.

Taiki
Nanti pasti paham. Biar gampang kita mulai dari Grup III dulu ya. Grup III cuma 2 kata kerja yaitu :

Grup III :

Suru, kuru

Tias
Asli cuma ini?

Taiki
Iya. Karena cuma 2, bisa dihafal kan.

Tias
Bisa banget.

Taiki
Kemudian ada Grup II. Ini nih yang aku maksud tadi. Setelah kata kerja diubah ke bentuk kamus, kita liat akhiran katanya. Klo ~iru dan ~eru, dia masuk Grup II.

 

Grup 2 :

~iru

~eru

Taiki
Cara mengubah ke bentuk kamus bisa dilihat dari vokal sebelum ~masu. Jika vokalnya "e" dan "i", ~masu berubah jadi ~ru. Tapi hati-hati untuk vokal "i", kadang suka ketukar sama grup I soalnya.

Tias
Perlu hafalan juga berarti.

Taiki
Trus sisanya masuk Grup I. Aku pisah-pisahin berdasarkan bentuk kamusnya supaya lebih gampang.

 

Grup I :

~u

~ru

~tsu

~su

~gu

~bu

~mu

~nu

Tias
Eh iya, vokal sebelum ~masu "i" semua.

Taiki
Bentuk kamus Grup I, vokal "i" berubah jadi vokal "u" dan ~masu dihilangin. Ada juga kata kerja pengecualian misal "kaeru (pulang)". Dilihat dari akhiran kata dia harusnya masuk Grup II, tapi "kaeru" bagian dari Grup I.

Tias
Mau tanya dong. "Okimasu" masuk ke kelompok mana?

Taiki
"Okimasu" bisa masuk Grup I, bisa juga Grup II.

Tias
Lho, kok dobel.

Taiki
Jelasnya, mari kita lihat bentuk kamus dari "okimasu".
Okimasu →Oku (meletakkan) : Grup I
Okimasu→Okiru (bangun) : Grup II

Tias
Oh iya, ada dua kata kerja "okimasu". Baru ingat aku.

Taiki
Gimana lho.

Tias
Fungsinya apa sih, kata kerja perlu dikelompok-kelompokin?

Taiki
Fungsi utamanya buat mempermudah perubahan kata. Di bahasa Jepang, kata kerja bisa berubah bentuk sesuai penggunaannya. Misalnya ada bentuk ~te, bentuk ~nai juga bentuk ~ta.

Tias
Hooo.

Taiki
Bentuk ~te, ~nai, ~ta bisa dilihat di sini.
(lanjut pertemuan berikutnya) (Bahan artikel minggu depan)

Taiki
Aku kasih tambahan kosakata per kelompok ya.

Grup I

  • Hatarakimasu : bekerja
  • Kikimasu : mendengar / bertanya
  • Hikimasu : bermain (gitar)
  • Isogimasu : terburu-buru
  • Nugimasu : melepas (pakaian, sepatu)
  • Yasumimasu : beristirahat
  • Sumimasu : tinggal
  • Abimasu : mandi
  • Kashimasu : meminjamkan
  • Dashimasu : mengeluarkan / mengumpulkan
  • Keshimasu : mematikan
  • Oshimasu : memencet, mendorong
  • Owarimasu : selesai
  • Kirimasu : memotong
  • Torimasu : mengambil
  • Magarimasu : belok
  • Furimasu : turun (hujan, salju)
  • Tsukurimasu : membuat
  • Odorimasu : menari
  • Aimasu : bertemu
  • Naraimasu : belajar dari
  • Tsukaimasu : menggunakan
  • Haraimasu : membayar
  • Tetsudaimasu : membantu
  • Utaimasu : bernyayi
  • Tachimasu : berdiri
  • Kachimasu : menang
  • Uchimasu : memukul

Grup II

  • Nemasu : tidur
  • Kimasu : memakai (baju)
  • Akemasu : membuka
  • Oshiemasu : mengajari
  • Iremasu : memasukkan
  • Kaeshimasu : mengembalikan
  • Dekakeru : pergi keluar
  • Wasuremasu : lupa
  • Oboemasu : mengingat, menghafal
  • Atsumemasu : mengumpulkan
  • Tomemasu : menghentikan
  • Sutemasu : membuang
  • Mimasu : melihat, menonton
  • Karimasu : meminjam

Grup III

  • Benkyou shimasu : belaja
  • Shokuji shimasu : makan
  • Kekkon shimasu : menikah
  • Sanpo shimasu : jalan-jalan
  • Kaimono shimasu : belanja
  • Kenkyuu shimasu : meneliti
  • Shinpai shimasu : khawatir
  • Anshin shimasu : merasa lega
  • Shucchou shimasu : dinas
  • Zangyou shimasu : lembur
  • Unten shimasu : mengendarai
  • Ryokou shimasu : liburan
  • Yakusoku shimasu : berjanji
  • Yoyaku shimasu : memesan

 

Kesimpulan

Memahami pengelompokan kata kerja merupakan salah satu modal dasar belajar bahasa Jepang. Jika lolos tahapan ini, dijamin segala jenis perubahan kata jadi sangat mudah.

Kuy add LINE@ Japanesia!

Kita bink diary sehari-hari dengan bahasa Jepang yg mudah!

Klo kalian mau belajar bahasa Jepang dengan efektif, coba masuk aja!

Kita semuanya tunggu ikutan kalian ya! Makasih!

友だち追加

Kalo kamu suka
tolong follow ya

Kita sampaikan Artikel Terbaru!

Follow Twitter

Artikel Dianjurkan