Tias
Taiki san~

Taiki
Apa? Kangen ya?

Tias
Kangen Taiki san? Nggak ya.

Taiki
Yah...

Tias
Aku kangennya belajar. Ngomong-ngomong kita belajar apa hari ini?

Taiki
Wahh, lagi semangat belajar ya? Siap, hari ini kita akan belajar bilangan.

Satuan

0 : Zero / Rei

 

1 : Ichi 

 

2 : Ni

 

3 : San

 

4 : Yon, Shi

 

5 : Go

6 : Roku
7 : Nana / Sichi

 

8 : Hachi

 

9 : Kyuu, Ku

Tias
4, 7 sama 9 kok ada dua?

Taiki
Untuk penyebutan angka lebih sering dipakai "yon" 4, "nana" 7 dan "kyuu" 9.

 

Puluhan

10 : Juu 

 

11 : Juu ichi 

 

12 : Juu ni 

 

13 : Juu san 

 

14 : Juu yon / Juu shi

 

15 : Juu go

 

16 : Juu roku

 

17 : Juu nana / Juu sichi

 

18 : Juu hachi

 

19 : Juu kyuu / Juu ku

 

Taiki
Di sini "juu" sebagai puluhan, karna itu kita sebut dulu. Setelah itu baru diikuti satuannya.
14=10 + 4 : juu + yon

Tias
21 dan seterusnya sama kan ya? 2 sebagai puluhannya, maka 21→20 + 1 : ni juu + ichi.

Taiki
Benar sekali. Rumus mudahnya begitu.
20 : Ni juu

 

21 : Ni juu ichi

 

22 : Ni juu ni (dan seterusnya)

 

30 : San juu

 

40 : Yon juu

 

50 : Go juu

 

60 : Roku juu

 

70 : Nana juu

 

80 : Hachi juu

 

90 : Kyuu juu

Tias
Eh? 90 tuh bukankah "Ku juu"?

Taiki
Ku juu-nya gak ada, Kyu juu doang!

Tias
Oh Ok!

 

Ratusan

Taiki
Seperti puluhan tadi, kita sebut dulu ratusannya kemudian ditambahkan "hyaku".

Tias
Gampang ya.

Taiki
Iya, tapi ada yang spesial. Coba perhatikan 300, 600 juga 800.
100 : Hyaku

 

200 : Ni hyaku 

 

300 : San byaku 

 

400 : Yon hyaku 

 

500 : Go hyaku

 

600 : Rop pyaku

 

700 : Nana hyaku

 

800 : Hap pyaku

 

900 : Kyuu hyaku

Tias
Ah iya, agak beda.

Ribuan

Taiki
Klo di ribuan yang perlu diperhatikan yaitu 3000 dan 8000.
1.000 : Sen 

 

2.000 : Ni sen 

 

3.000 : San zen 

 

4.000 : Yon sen 

 

5.000 : Go sen

 

6.000 : Roku sen

 

7.000 : Nana sen

 

8.000 : Has sen

 

9.000 : Kyu sen

Taiki
Lanjut ke bilangan yang lebih besar ya. Puluh ribu dalam bahasa Jepang disebut "man".
10.000 : Ichi man

 

100.000 : Juu man

 

1.000.000 : Hyaku man

 

10.000.000 : Sen man

 

100.000.000 : Ichi oku

Tias
Kayaknya ada yang beda dari bahasa Indonesia.

Taiki
Kamu sadar ya. Iya, klo di bahasa Indonesia waktu membaca kita potong tiga angka terakhir.

Tias
Bentar, agak bingung ini.

Taiki
Misalnya 12.|000, kita baca "dua belas ribu" kan? "Ribu" di sini menunjuk ke tiga angka terakhir.

Tias
Oh, paham aku.

Taiki
Di bahasa Jepang kita potong empat angka terakhir.
 100.000 : Hyaku sen 

10|0.000 : Juu man 

Taiki
Kita masuk ke latihan. Tolong dibaca oke.

Tias
Coba ya
276
Jawaban
Nihyaku nanajuu roku

 

630
Jawaban
Roppyaku san juu

 

1.300
Jawaban
Sen san byaku

 

2.800
Jawaban
Nisen happyaku

Taiki
Bagus. Ayo coba lagi.

Tias
Waduh, levelnya langsung naik.
14.421
Jawaban
1|4.421 : Ichi man yon sen yon hyaku ni juu ichi
370.000
Jawaban
37|0.000 : San juu nana man

 

725.601
Jawaban
72|5.601 : Nana juu ni man go sen rop pyaku ichi

 

8.300.000
Jawaban
8.30|0.000 : Hap pyaku san juu man

 

9.000.500
Jawaban
Kyuu hyaku man go hyaku

 

Tias
Aku capek...banyak banget latihannya...

Taiki
Haha, habis belajar bisa istirahat kan.

Kesimpulan

Taiki
Yang perlu diingat saat membaca bilangan bahasa Jepang, kita potong empat angka terakhir. Perhatikan juga beberapa bilangan yang pengucapannya spesial.

Tias
Aku paham.
Kuy add LINE@ Japanesia!

Kita bink diary sehari-hari dengan bahasa Jepang yg mudah!

Klo kalian mau belajar bahasa Jepang dengan efektif, coba masuk aja!

Kita semuanya tunggu ikutan kalian ya! Makasih!

友だち追加

Kalo kamu suka
tolong follow ya

Kita sampaikan Artikel Terbaru!

Follow Twitter

Artikel Dianjurkan