Taiki
Hai hai~

Tias
Wohh, ceria banget.

Taiki
Iya dong. Mau belajar kan harus semangat dari hati.

Tias
Kata-katanya. 👏

Taiki
Langsung kita mulai~ Hari ini aku mau ajari bentuk-bentuk larangan dalam bahasa Jepang. Ada tiga macam pola kalimat yang bisa kita pakai dan tenang nanti bakal aku jelasin satu persatu.

Tias
Siapp.

 

1. V ない + で + ください
KK bentuk ~nai + de + kudasai

Taiki
Bentuk larangan pertama, menggunakan pola kata kerja bentuk ~ない「~nai」ditambahkan ~de kudasai. Ini adalah bentuk larangan halus dan bisa ditujukan ke semua kalangan. Biasa diartikan "Tolong jangan".

Tias
Penggunaan di kalimat gimana?

Taiki
Perhatikan ini ya.

 

Rouka de hashiranaide kudasai.
ろうか で はしらないで ください
Arti

Rouka : lorong
Hashiru : berlari

 

Mou yoru desu kara, sawaganaide kudasai.
もう よる です から、さわがないで ください
Arti

Mou : sudah
Yoru : malam
Sawagu : gaduh

Taiki
Gampang kan? Eh, btw masih ingat kan cara mengubah kata kerja ke bentuk ~ない「~nai」?

Tias
Masih ingat kok.

Taiki
Sipp. Perlu dipastiin ini, kan percuma udah dijelasin pola kalimatnya eh ternyata perubahan kata kerjanya aja nggak paham. Tapi buat jaga-jaga coba cek lagi di sini.

Taiki
Oh ya, pola ~ないでください「~naide kudasai」ini nggak cuma dipakai di percakapan aja. Di papan peringatan Jepang pun biasa kita jumpai pola ini.

Taiki
Bisa baca nggak kamu?

Tias
Yang kelihatan di aku, cuma mantra.

Taiki
Itu kanji, bukan mantra.haha Aku bacain deh.

 

Koko de neko ni esa wo ataenaide kudasai.
ここ で ねこ に えさ を あたえないで ください
Arti

Koko : di sini
Neko : kucing
Esa : pakan-
Ataeru : memberi

Tias
Ohh, arti peringatan tadi begitu? Takutnya jadi kebiasaan nih pasti.

Taiki
Yup, nanti kucing dateng lagi, lalu minta-minta makanan.

Tias
Iya. Aku pengalaman klo soal ini. Dulu itu ya...bla bla bla bla bla

Taiki
Stop!

Tias
Kenapa? Lagi berapi-api ini ceritanya.

Taiki
Kok kita jadi bahas kucing? Wah ini pasti pengalihan isu. Balik lagi ke pola kalimat!

Tias
Situ juga sih, gampang dialihin.hehe

Taiki
Selanjutnya coba baca kalimat ini.

 

Abunai ! Naka ni hairanaide.
あぶない!なか に はいらないで
Arti

Abunai : berbahaya
Naka : (di) dalam
Hairu : masuk

Tias
Kok di kalimat ini, kata ~kudasai nggak ada?

Taiki
Perhatian juga kamu. Iya, pola ~ないでください「~naide kudasai」bisa disingkat dengan menghilangkan ~kudasainya. Untuk arti, masih tetap sama.

Tias
Gitu ya.

Taiki
Tapi meskipun artinya sama, pola ~ないで「~naide」biasa digunakan oleh orang yang lebih tua ke yang lebih muda atau ke orang yang sebaya. Misal orang tua ke anak dan ke sesama teman.

Tias
Ohh, oke oke. Paham aku.

Taiki
Kita ke bentuk larangan kedua.

 

2. Vる+な
KK bentuk kamus + na

Taiki
Asli ini simpel banget. Polanya, kata kerja bentuk kamus diikuti "na".
Tomodachi no waruguchi wo iu na.
ともなち の わるぐち を いう
Arti

Tomodachi : teman
Waruguchi wo iu : bicara jelek

 

Minna ga modoru made, kono keeki wo taberu na.
みんな が もどる まで、この ケーキ を たべる
Arti

Minna : semuanya
Modoru : kembali
Made : sampai
Keeki : kue
Taberu : makan

Tias
Bedanya sama ~ないでください「~naide kudasai」apa?

Taiki
Larangan dengan pola ini sifatnya lebih tegas daripada ~ないでください「~naide kudasai」.Udah dilarang ya benar-benar jangan dilakuin.

Tias
Hoo

Taiki
Hampir lupa aku. Kemarin aku nemu ini nih, pantes banget buat kamu.

 

Yasai, nusumu na.
やさい(野菜) ぬすむ
Arti

Yasai : sayur
Nusumu : mencuri

Tias
Enak aja, emangnya aku maling. Maling sayur lagi. Dapetnya nggak seberapa, dihukumnya seberapa.

Taiki
Berarti jadi maling berlian mau?

Tias
Aku bukan maling dan enggak mau jadi maling ya.

Taiki
Iya ya, tadi cuma bercanda. Bentuk larangan kedua ini ada pertanyaan nggak?

Tias
Sekarang belum ada. Dilanjutin dulu aja.

Taiki
Okee.

 

3. N + 禁止(きんし)
KB + kinshi

Taiki
Bentuk larangan ketiga menggunakan 禁止 (きんし) kinshi. Tinggal kata benda plus きんし「kinshi」.

Tias
Kinshi?

Taiki
きんし「kinshi」artinya "Dilarang". Untuk contoh, ambil dari peringatan-peringatan yang ada di Jepang aja ya. Udah capek aku buat contoh kalimat.

Tias
Udah luntur ya semangat yang dari hati tadi?

Taiki
Capek juga lho bikin contoh itu.

Suwarikomi kinshi.
すわりこみ きんし
Arti

Suwarikomi : duduk-duduk
Kinsi : dilarang

Shashin satsuei kinshi
しゃしん さつえい きんし
Arti

Taiki
Paham? Pokoknya, misal ada tulisan きんし「kinshi」berarti ada sesuatu yang dilarang. Tinggal yang dilarang itu apa.

Tias
Meskipun nggak bisa baca, ada gambar ya. Jadi kurang lebih siapapun bisa paham.

Taiki
Betul. Coba lihat contoh lain.

Koko wa chuurinjou dewa arimasen. Kankeisha igai chuurin kinshi.
ここ は ちゅうりんじょう では ありません。かんけいしゃ いがい ちゅうりん きんし
Arti

Chuurin : parkir (sepeda)
Koko : di sini
Chuurinjou : tempat parkir (sepeda)
Kankeisha : yang berkepentingan
Igai : selain

Taiki
Klo naik sepeda di Jepang dan mau parkir, harus tengok kanan kiri dulu. Salah parkir bisa kena tilang nanti.

Tias
Seriusan, sepeda lho. Masak sepeda ada tilang.

Taiki
Di Jepang, semua kendaraan termasuk sepeda klo ngelanggar aturan pasti kena tilang. Dan dendanya mahal lho.

Tias
Wow.

Aruki sumaho kinshi
あるき すまほ きんし
Arti

Sumaho : smart phone
Aruku : berjalan

Tias
Ada ya peringatan kayak gini? Baru pertama lihat.

Taiki
Masak sih. Di Jepang mah banyak. Pada keasyikan main smart phone, sampai-sampai nggak lihat jalan. Kan bahaya ya, pernah tu ada yang hampir ketabrak mobil.

Tias
Ckckckck.

Taiki
Gimana? Udah paham belum, bentuk-bentuk larangan bahasa Jepang? Nggak susah kan ya.

Tias
Iya, beneran nggak susah. Jadi semangat belajar aku.

Taiki
Bagus. Pertahankan!

Kesimpulan :

Taiki
Bentuk larangan dalam bahasa Jepang memang lebih dari satu, tapi semuanya polanya mudah dipahami. Perubahan kata kerja yang dipakai pun hanya kata kerja bentuk ~nai dan bentuk kamus.

Tias
Betul sekali. Jadi ayo semangat belajar bahasa Jepang.

Kalo kamu suka
tolong follow ya

Kita sampaikan Artikel Terbaru!

Follow Twitter

Artikel Dianjurkan