Taiki
Tias san, coba sebutkan bentuk-bentuk perintah dalam bahasa Indonesia.

Tias
Apa ya? Tolong sama yang akhiran katanya ~lah.

Taiki
Kok bingung?

Tias
Nggak bingung ya, cuma kaget aja.

Taiki
Mencurigakan.

Tias
Apanya? Kamu tanyanya tiba-tiba sih, makanya aku kaget.

Taiki
Oke deh. Karena tadi kamu udah sebut bentuk perintah dalam bahasa Indonesia, kali ini aku mau ajari bentuk-bentuk perintah versi bahasa Jepang.

Tias
Siapp

Taiki
Aku mulai dari bentuk paling sopan.

 

1.Bentuk perintah ~てください(~te kudasai)

Ichiba e itte kudasai.
いちば へ いって ください
Arti

Taiki
Dalam kalimat di atas kita gunakan pola.

V て+ください ( V te + kudasai )

Taiki
Kata kerja bentuk ~て(~te) ditambahkan ください(kudasai).

Tias
Kata kerja bentuk ~te sering dipakai ya?

Taiki
Memang. ~てください(~te kudasai) ini karena bentuk perintah paling sopan, bisa ditujukan untuk orang yang lebih muda maupun orang yang lebih tua dari kita. Sama lah kayak "tolong" di bahasa Indonesia.

Tias
Contoh kalimat lain dong.

Taiki
Okee.
🙎 Mago : Obaasan, youi shimashita kara, kusuri wo nonde kudasai.
まご : おばあさん、ようい しましたから、くすりを のんでください
Arti

Mago : cucu
Obaasan : nenek
Youi suru : menyiapkan
Kusuri : obat

 

👵 Obaasan : arigatou.
おばあさん : ありがとう。
Arti

Taiki
Oh ya, selain sebagai bentuk perintah, pola ini dipakai juga saat kita memohon atau mempersilahkan seseorang.

Tias
Nggak cuma perintah ya.

Taiki
Yup. Sama satu lagi,  ~てください(~te kudasai) ini bisa disingkat lho.

Tias
Disingkat gimana?

Taiki
Waktu memberi perintah cukup sebutkan kata kerja ~て(~te).

Tias
Hmm?

Taiki
ください(kudasai) meskipun nggak disebut, kata kerja ~て(~te) aja udah menunjukkan perintah. Tapi ya jadi informal, misalnya nih.
👨Otousan : Chiisai hone ga ooi kara, sakana wo taberu toki ki wo tsuketene.
おとうさん : ちいさい ほね が おおい から、さかな を たべる とき き を つけてね。
Arti

Otousan : Bapak
Chiisai : kecil
Hone : tulang
Ooi : banyak
Sakana : ikan

 

🙆 Musumesan : Hai, ki wo tsukemasu.
むすめさん : はい、きをつけます。
Arti

Tias
Pakai ください(kudasai) formal, ください(kudasai)nya hilang jadi informal. Aku ingat-ingat deh.

Taiki
Bisa lanjut?

Tias
Silahkan.

Taiki
Bentuk perintah selanjutnya memakai pola ~なさい(~nasai). Perubahan katanya yakni :

2.Bentuk perintah ~なさい(~nasai)

Taiki
Kata kerja bentuk ~masu, ~masu dihilangkan dan diganti dengan ~nasai. Pola ini bisa diartikan ~lah dalam bahasa Indonesia. Contoh :
Ichiba e ikinasai.
いちば へ いきなさい
Arti

Tias
Masih rada bingung perubahan katanya.

Taiki
Coba baca tabel berikut.

Taiki
Paham?

Tias
Iya, udah paham sekarang.
👧 Okaasan : Asobu mae ni, shukudai wo yarinasai.
おかあさん : あそぶ まえ に、しゅくだい を やりなさい
Arti

Mae ni : sebelum
Shukudai wo yaru : mengerjakan PR

 

🙎 Kodomo : Hai, wakatta.
こども : はい、わかった。
Arti

Taiki
Pola ~なさい(~nasai) ini umumnya dipakai oleh orang yang lebih tua atau tinggi kedudukannya ke orang yang lebih muda / rendah kedudukannya. Seperti orang tua ke anak, guru ke murid, atasan ke bawahan dll.

Tias
Berarti klo aku bicara ke guru pake pola ini...

Taiki
Pasti dibilang "Dasar nggak sopan" gitu.
👳 Sensei : Nani? shukudai wo wasureta? Jugyou ga owaru made tachinasai.
せんせい : なに?しゅくだい を わすれた?じゅぎょう が おわる まで たちなさい
Arti

Wasureru : lupa
Jugyou : pelajaran
Owaru : selesai
Made : sampai
Tatsu : berdiri

 

🙏 Gakusei : Sumimasen.
がくせい : すみません。
Arti

Tias
Contoh ini gurunya galak. Btw, ini kayak nobita di doraemon.

3.Bentuk perintah (命令形「めいれいけい」)

Taiki
Kamu sadar ya.haha Lanjut bentuk perintah ke tiga yuk.
Ichiba e ike.
いちば へ いけ
Arti

Taiki
Bentuk perintah ke tiga ini bila dibandingan dengan kedua bentuk sebelumnya, merupakan perintah keras, memaksa dan kasar. Klo di bahasa Indonesia, perintah yang pakai tanda seru (!) itu lho.

Tias
Hoo, iya iya. Trus pemakaiannya?

Taiki
Sama seperti pola ~なさい(~nasai). Dari atasan ditujukan ke bawahan, orang tua ke anak. Pokoknya dari orang yang kedudukannya tinggi ke orang yang lebih rendah. Trus, pemakainya rata-rata laki-laki ya.

Tias
Perempuan nggak boleh?

Taiki
Terlalu kasar bahasanya, tapi ada sih yang pakai.

Tias
Oke oke. Kok di contoh tadi "ikimasu" bisa jadi "ike"? Perubahan katanya gimana?

Taiki
Kerena tiap kelompok kata kerja, beda. Aku jelasin satu-satu.

Kata kerja kelompok 1
KK bentuk ~masu → Vocal berubah jadi "e", ~masu hilang
Ikimasu : ik(e) masu   →Ike

 

Kata kerja kelompok 2
KK bentuk ~masu → ~masu berubah menjadi "ro"
Tabemasu : tabe(ro) → tabero

 

Kata kerja kelompok 3

Taiki
Penggunaan di percakapan, seperti ini.

 

Jyoushi : Bootto shinaide, shigoto wo hayaku shiro.
じょうし : ぼーっと しないで、しごと を はやくしろ
Arti

Jyoushi : atasan
Bootto suru : melamun
Shigoto suru : bekerja
Hayaku : cepat

 

Buka : Moushi wake gozaimasen.
ぶか : もうしわけございません。
Arti

Buka : bawahan

 

Dorobou : Keisatsu da, nigero.
どろぼう : けいさつだ、にげろ
Arti

Dorobou : pencuri
Keisatsu : polisi
Nigeru : kabur

 

Keisatsu : Oii, tomare.
けいさつ : おいー、とまれ
Arti

Tomaru : berhenti

Taiki
Sampai sini, ada pertanyaan nggak?

Tias
Kurang lebih aku udah paham sih.

Taiki
Kok kurang lebih?

Tias
Ya kan, ini teori aja. Belum ada prakteknya.

Taiki
Iya juga sih. Kamu nonton aja drama atau film Jepang, pasti ketemu deh bentuk perintah yang kita pelajari hari ini. Hitung-hitung praktek mendengarkan.

Tias
Iya deh, coba nonton entar.

Kesimpulan

Ada berbagai bentuk perintah dalam bahasa Jepang, dari yang bentuk sopan sampai yang kasar dan memaksa. Siapa yang menggunakan serta ditujukan kepada siapa perintaha itupun berbeda, tergantung pola kalimat yang dipakai. Jadi, ayo banyak-banyak latihan, supaya kita tidak salah menggunakannya.

Kuy add LINE@ Japanesia!

Kita bink diary sehari-hari dengan bahasa Jepang yg mudah!

Klo kalian mau belajar bahasa Jepang dengan efektif, coba masuk aja!

Kita semuanya tunggu ikutan kalian ya! Makasih!

友だち追加

Kalo kamu suka
tolong follow ya

Kita sampaikan Artikel Terbaru!

Follow Twitter

Artikel Dianjurkan