Taiki
Konnichiwa.

Tias
Konnichiwa.

Taiki
Masih semangat?

Tias
Masih dong.

Taiki
Sebelumnya kita sudah belajar angka dan bilangan kan. Hari ini kita praktekkan untuk membaca tanggal, bulan dan tahun.

Tias
Udah nggak sabar aku.

Taiki
Tapi sebelumnya kita bahas nama-nama hari dulu dalam bahasa Jepang. Masak, tahu tanggal tapi nggak tahu hari. Kan aneh.

Tias
Oh iya ya.

 

Hari-hari

Getsu youbi : Senin

 

Ka youbi : Selasa

 

Sui youbi : Rabu

 

Moku youbi : Kamis

 

Kin youbi : Jumat

 

Do youbi : Sabtu

 

Nichi youbi : Ahad atau Minggu

Taiki
Ngomong-ngomong, kamu tau nggak asal nama-nama hari?

Tias
Setauku nama hari di Indonesia dari bahasa Arab.

Taiki
Hmm, beda ya. Di bahasa Jepang nama hari diambil dari unsur yang ada di alam. Hari senin itu bulan, selasa api, rabu air, kamis kayu, jumat emas, sabtu tanah, dan trakhir matahari.

Tias
Wow, ada hari emas.

Taiki
Hari baik buat kamu ya, tapi semua hari baik kok. Masuk ke contoh kalimat ya.

Contoh kalimat

Kyou wa nan youbi desu ka.
(きょう は なん ようび です か。)
Arti

 

Kyou wa moku youbi desu.
(きょう は もく ようび  です。)
Arti

 

Gakkou wa nan youbi kara nan youbi made desuka.
(がっこう は なん ようび から なん ようび まで ですか。)
Arti

 

Gakkou wa getsu youbi kara kin youbi made desu.
(がっこう は げつ ようび から きん ようび まで です。)
Arti

 

Tanggal

Taiki
Membaca tanggal dalam bahasa Jepang sebenarnya tinggal menambahkan ~nichi (tanggal) setelah angka disebut.

Tias
Hmm, misal tanggal 11, mbacanya juu ichi nichi gitu?

Taiki
Benar, tapi dari tanggal 1 sampai 10 mau nggak mau harus dihafalin.
Tsuitachi
(ついたち)
Arti

 

Futsuka
(ふつか)
Arti

 

Mikka
(みっか)
Arti

 

Yokka
(よっか)
Arti

 

Itsuka
(いつか)
Arti

 

Muika
(むいか)
Arti

 

Nanoka
なのか
Arti

 

Youka
(ようか)
Arti
Kokonoka
(ここのか)
Arti

 

Tooka
(とおか)
Arti

 

Do youbi wa nan nichi desuka.
(ど ようび は なん にち ですか。)
Arti

 

Do youbi wa juu yokka desu.
(ど ようび は じゅう よっか です。)
Arti

Taiki
Oh ya, ada tanggal-tanggal yang cara bacanya spesial juga. Yaitu :

 

  • Juu yokka : tanggal 14
  • Hatsuka : tanggal 20
  • Ni juu yokka : tanggal 24

Tias
Jadi juu yon nichi dan ni juu nichi nggak ada ya.

Bulan

Taiki
Untuk bulan ditambahkan ~gatsu. Coba kita baca bersama.
  1. Ichi gatsu
  2. Ni gatsu
  3. San gatsu
  4. Shi gatsu
  5. Go gatsu
  6. Roku gatsu
  7. Shichi gatsu
  8. Hachi gatsu
  9. Ku gatsu
  10. Juu gatsu
  11. Juu ichi gatsu
  12. Juu ni gatsu

Taiki
Perhatiin bulan 4, bulan 7 juga bulan 9 ya.

 

Contoh kalimat

Tanjoubi wa nan gatsu nan nichi desuka.
(たんじょうび は なん がつ なん にち ですか。)
Arti

 

Shichi gatsu nanoka desu.
(しち がつ なのか です。)
Arti

 

Nan nen umare desuka.
(なん ねん うまれ ですか。)
Arti

 

Sen kyuu hyaku kyuu juu san nen desu.
(せん きゅう ひゃく きゅう じゅう さん ねん です。)
Arti

Taiki
Tadi membaca tanggal ditambahkan ~nichi, bulan ~ gatsu, nah kalau tahun kita pakai ~nen.

Tias
Tanya waktu apa harus selalu pakai "nan gatsu nan nichi"?

Taiki
Nggak, bisa diganti itsu. Itsu artinya kapan.
Tanjoubi wa itsu desu ka.
(たんじょうび は いつ ですか。)
Arti
Shichi gatsu nanoka desu.
(しち がつ なのか です。)
Arti

Kosa kata tambahan

Asatte
(あさって)
Arti

 

Kinou
(きのう)
Arti

 

Ototoi
(おととい)
Arti

 

Kon getsu
(こん げつ)
Arti

 

Rai getsu
(らい げつ)
Arti

 

Sen getsu
(せん げつ)
Arti

 

Kotoshi
(ことし)
Arti

 

Rai nen
(らい ねん)
Arti

 

Kyo nen
(きょ ねん)
Arti

Kesimpulan

Tias
Hari-hari di bahasa Jepang unik ya. Aku paling suka "kin youbi", hari emas soalnya. Semoga di hari itu bisa dapat emas beneran.

Taiki
Aamiin.

Tias
Baca tanggal juga mudah banget, tapi aku mau tambah memori otak dulu biar inget.

Taiki
Yang banyak ya, klo perlu dua atau tiga tera sekalian. haha

Tias
Memangnya otakku harddisk.
Kuy add LINE@ Japanesia!

Kita bink diary sehari-hari dengan bahasa Jepang yg mudah!

Klo kalian mau belajar bahasa Jepang dengan efektif, coba masuk aja!

Kita semuanya tunggu ikutan kalian ya! Makasih!

友だち追加

Kalo kamu suka
tolong follow ya

Kita sampaikan Artikel Terbaru!

Follow Twitter

Artikel Dianjurkan