Tias
Taiki san, kan kemarin kita udah belajar banyak pola kalimat tu. Tapi belum ada yang bahas "harus", makanya minta ajari dong.

Taiki
Hoo, tumben request. Wani piro?

Tias
Denger dari mana itu bahasa Jawa?

Taiki
Aku kan emang jago bahasa Jawa. Siapa dulu, aku gitu loh.

Tias
Halah. Paling cuma tau dua kata itu, nggak usah sombong dulu deh. Aku jawab pake bahasa Jawa, bingung kamu.

Taiki
Haha, iya iya. Bercanda aja. Tadi apa? Minta diajari pola menyatakan "harus"?

Tias
Iya. Baru juga dibilangin, udah mulai pikun ya?

Taiki
Enak aja. Masih muda gini kok dibilang pikun.

Tias
Faktanya begitu.

Taiki
Jadi diajari pola "harus" nggak ni?

Tias
Jadi dong.

Taiki
Okee. Di bahasa Jepang ada banyak pola menyatakan "harus". Tapi, aku bakal ajari 4 pola yang sering dipake.

Tias
4? Wow.

Taiki
Yup. Dari keempat itu, 2 bentuk formal dan 2 informal.

Tias
Waduhh, masih dibagi lagi?

Taiki
Gampang kok.

~なければなりません「~nakereba narimasen」

V ない + ければ なりません(KK nai + kereba narimasen)

Taiki
Yang pertama polanya ini. Satu hal yang perlu diingat, kata kerja yang dipake adalah kata kerja bentuk ~ない「~nai」. Jujur aja sih, semua pola yang mau aku ajari hari ini emang pake kata kerja bentuk ini semua.

Tias
Ternyata oh ternyata.
Yasai wo tabenakereba narimasen.
やさい を たべなければ なりません
Arti

Yasai : sayur
Taberu : makan

 

Mousugu kimatsu shiken desu kara, mainichi benkyou shinakereba narimasen.
もうすぐ きまつしけん ですから。まいにち べんきょう しなければ なりません
Arti

Mousugu : sebentar lagi
Kimatsu shiken : ujian semester
Mainichi : setiap hari
Benkyou suru : belajar

Tias
Kok "i" dari 「nai」bisa hilang?

Taiki
Emang polanya begitu. Udah aturan dari zaman sono. Nurut aja.

 

~なくてはいけません「~nakutewa ikemasen」

V ない + くては いけません(KK nai + kutewa ikemasen)

Taiki
Masuk pola kedua. Belakangnya aja ya yang beda.
Ginkou e ikanakutewa ikemasen.
ぎんこう へ いかなくては いけません
Arti

Ginkou : bank
Iku : pergi

 

Hayaku uchi e kaeranakutewa ikemasen.
はやく うち へ かえらなくては いけません
Arti

Hayaku : cepat
Uchi : rumah
Kaeru : pulang

Tias
Tunggu bentar, aku kok nggak asing ya sama pola ini.

Taiki
Masak?

Tias
Iya. Pokoknya ada "ikemasen" gitu juga.

Taiki
Ohhh, pola ~て は いけません「~te wa ikemasen」?

Tias
Iya yang ini. Kita pernah belajar kan?

Taiki
Cek dulu bentuk kata kerjanya buk. Pola ~て は いけません「~te wa ikemasen」bentuk kata kerjanya  ~て「~te」dan dia pola menyatakan ~Tidak boleh.

Tias
Eh iya, beda.

Taiki
Tadi ngata-ngatain, ternyata situ sendiri yang pikun.

Tias
Manusia tempatnya salah dan lupa. Jadi nggak bisa disimpulkan pikun ya.

Taiki
Aku mengalah aja. Oh ya, dua pola tadi bentuk formal ya. Selanjutnya baru yang informal.

 

~なきゃ「~nakya」

V ない + きゃ(KK nai + kya)

Taiki
Pola ketiga singkat kan?

Tias
Beda banget sama yang tadi.

Taiki
Kalimat informal kan biasanya singkat-singkat.

Tias
Rada lucu juga.

Taiki
Apanya?

Tias
"kya"nya itu. Orang Jepang yang lagi teriak, suaranya juga "kya".

Taiki
Iya juga ya.
Ame da. Kasa wo kawanakya.
あめ だ。かさ を かわなきゃ
Arti

Ame : hujan
Kasa : payung
Kau : membeli

 

Jibun no nimotsu wa jibun de katazukenakya.
じぶん の にもつ は じぶん で かたずけなきゃ
Arti

Jibun : diri sendiri
Nimotsu : barang bawaan
Katazukeru : merapikan

 

~なくちゃ「~nakucha」

V ない + くちゃ(KK nai + kucha)

Taiki
Lanjut ke pola terakhir.

Tias
Hari ini berasa cepet banget. Tau-tau udah yang terakhir.

Taiki
Itu tandanya kamu menikmati.

Tias
Lumayan lahh.

Taiki
Pola terakhir nggak jau beda sama pola ketiga. Tinggal "kya"nya aja jadi "kucha".

Tias
Kuch kuch ho tahe ya?

Taiki
Apaan tu?

Tias
Ini judul film India yang legendaris. Ah, kamu kudet, alias kurang update.

Taiki
Suka-suka aku. Emang nggak tau kok.
Toukyou ni iru aida, shashin wo takusan toranakucha.
とうきょう に いる あいだ、しゃしん を たくさん とらなくちゃ
Arti

Iru aida : selama berada
Shashin : foto
Takusan : banyak
Toru : mengambil

 

Kodomo wa juu ji made ni nenakucha.
こども は じゅうじ まで に ねなくちゃ
Arti

Kodomo : anak-anak
Juu ji : jam 10
made : sampai
Neru : tidur

Taiki
Gimana? Udah paham 4 pola tadi?

Tias
Lumayan.

Taiki
Dari tadi jawabannya "lumayan" terus. Kamu yang minta sendiri lho tema hari ini.

Tias
Iya, iya. Nanti aku review lagi dulu.

Taiki
Bagus. Sebelum kita akhiri, ada satu tambahan.

Tias
Hm?

Taiki
Pola ~なきゃ「~nakya」dan ~なくちゃ「~nakucha」bisa juga diikuti kata いけない「ikenai」.

Tias
Apa lagi itu?

Taiki
いけない「ikenai」itu bentuk informal dari いけません「ikemasen」. Kayak yang di pola ke dua tadi lho. Jadinya begini nih.
Jukensei darou. Motto motto benkyou shinakya ikenai yo.
じゅけんせい だろう。もっと もっと べんきょう しなきゃいけない よ。
Arti

Jukensei : murid persiapan ujian
Motto motto : lebih giat
Benkyou suru : belajar

Tias
Nggak berubah ya ternyata.

Taiki
Ya iyalah, dibilangi cuma ditambah satu kata. Apanya coba yang berubah.

Tias
Kirain.

Taiki
Ketahuan nggak dengerin nih.

Tias
Hehe.

Taiki
Oke. 4 pola "harus" tadi, tolong bener-bener diulang sampe paham. Biar nggak percuma kerja kerasku.

Tias
Lebay ah, kerja keras apaan.

Taiki
Dan klo bingung, tanya! malu bertanya bakal sesat di jalan.

Tias
Iya, paham.

Kesimpulan :

Pola kalimat yang menyatakan "harus" dalam bahasa Jepang ada beragam. Dilihat dari situasi penggunaannya, terdapat pula bentuk formal dan informal. Yuk latihan terus, biar makin paham.

Kalo kamu suka
tolong follow ya

Kita sampaikan Artikel Terbaru!

Follow Twitter

Artikel Dianjurkan