Taiki
Tias san tumben baru muncul.

Tias
Iya nih. Eh, ngomong-ngomong kok keliatannya udah siang banget ya. Taiki san sekarang jam berapa?

Taiki
"Jam berapa" itu apa? aku nggak paham, aku kan orang Jepang.

Tias
Nggak usah bercanda. Sekarang jam berapa?

Taiki
Ohh, tanya waktu ya.

Tias
Iya.

Taiki
Oke, kita belajar dulu ya penyebutan waktu dalam bahasa Jepang.

Tias
Ditanyain malah ngajak belajar, terserah deh.

Taiki
Yang semangat dong, kita mulai dari ~jam.

Jam

  1. Ichi ji : jam satu
  2. Ni ji : jam dua
  3. San ji : jam tiga
  4. Yo ji : jam empat
  5. Go ji : jam lima
  6. Roku ji : jam enam
  7. Shichi ji : jam tujuh
  8. Hachi ji : jam delapan
  9. Ku ji : jam sembilan
  10. Juu ji : jam sepuluh
  11. Juu ichi ji : jam sebelas
  12. Juu ni ji : jam dua belas
    ※ Nan ji? : jam berapa?

 

Shigoto wa nan ji kara desu ka.
(しごと は なん じ から です か。)
Arti

Shigoto : kerja

 

Hachi ji kara desu.
(はち じ から です。)
Arti

Taiki
Jadi begini cara membaca jam, tinggal ditambah ~ji.

Tias
Hmm.

Taiki
Oh iya, kadang klo janjian, misal besok mau janjian makan jam 7. Pasti perlu mastiin ini jam 7 pagi atau malam kan.

Tias
Hu'um, ngajak makannya sarapan atau makan malam, nggak jelas.

Taiki
Di bahasa Jepang kita bisa pakai ini.

 

  • Gozen : am
  • Gogo : pm

Tias
Pakai am pm kayak bahasa Inggris ya.
Shigoto wa gozen hachi ji kara, gogo hachi ji made desu.
(しごと は ごぜん はちじ から、 ごご はち じ まで です。)
Arti

Tias
Wah, kantornya nggak bener ini. Perlu dilaporin karena eksploitasi pekerja.

Taiki
Santai, cuma contoh kalimat. Selain pakai "gozen" "gogo", bisa juga kita baca 00.00-23.00.

Tias
Samaan Indonesia dong. Ada jam 13.00, jam 18.00.

Taiki
Ngomong-ngomong, tau nggak kenapa Jepang baca jam pakai cara ini?

Tias
Lha emang kenapa?

Taiki
Soalnya waktu nyebut jam di telpon, orang Jepang sering salah denger. Contohnya "sichi ji" sama "ichi ji" sulit banget dibedain.

Tias
Salah jam waktu mau rapat di kantor, mesti heboh.

Taiki
Haha iya. Terus klo mau bilang jam ~lebih dan jam ~kurang begini ya.

 

  • ~ji mae : jam ~kurang/ sebelum jam ~
  • ~ji sugi : jam ~ lebih

 

Asa go ji sugi okimasu.
(あさ ご じ すぎ おきます。)
Arti

Asa : pagi

Okimasu : bangun

 

Menit

  1. Ip pun : satu menit
  2. Ni fun : dua menit
  3. San pun : tiga menit
  4. Yon pun : empat menit
  5. Go fun : lima menit
  6. Rop pun : enam menit
  7. Nana fun : tujuh menit
  8. Hap pun : delapan menit
  9. Kyuu fun : sembilan menit
  10. Jup pun: sepuluh menit
    ※ Nan pun : berapa menit

 

Tias
Tadi jam ditambah ~ji, menit ditambah ~fun, oke. Yah, ada warna merah lagi.

Taiki
Mereka kan spesial, makanya perlu diinget.
Nihon no gakkou wa hachi ji go jup pun kara hajimarimasu.
(にほん の がっこう は はち じ ご じゅっぷん から はじまります。)
Arti

※ Nihon : Jepang
No : partikel penghubung dua kata benda (nihon & gakkou)
Hajimarimasu : mulai

Taiki
Untuk 30 menit, bisa "san jup pun" bisa juga "han" yang artinya setengah.
Yo ji san jup pun okimasu. / yo ji han okimasu.
(よ じ さんじゅっぷん おきます。/ よじ はん おきます。)
Arti

※Jangka waktufa-arrow-circle-right

Taiki
Menyatakan jangka waktu dalam bahasa Jepang, umumnya kita tinggal menambakan "kan" di bagian belakang kata penunjuk waktu. Lihat contoh di bawah ini.

 

~ ji kan : ~ jam

Mai ban nan jikan gurai nemasuka.
(まい ばん なん じかん ぐらい ねますか。)
Arti

※Mai ban : setiap malam
Nan ji kan : berapa jam
Gurai : kira-kira

 

Nana jikan gurai nemasu.
(なな じかん ぐらい ねます。)
Arti

Taiki
Tapi untuk "berapa menit" tetap sama, tidak perlu ditambah "kan".
Ie kara gakkou made nan pun kakarimasuka.
(いえ から がっこう まで なん ぷん かかりますか。)
Arti

※ Ie : rumah
Kakarimasu : membutuhkan waktu

Jitensha de juu go fun kakarimasu.
(じてんしゃ で じゅう ご ふん かかります。)
Arti

※Jitensha : sepeda
De : dengan

Taiki
Jangka waktu lainnya, aku rangkum di tabel bawah ini.

 

Hari dan minggu

Hari MInggu -shuu kan
1. Ichi nichi Isshuu kan
2. Futsuka kan Ni shuu kan
3. Mikka kan San shuu kan
4. Yokka kan Yon shuu kan
5. Itsuka kan Go shuu kan
6. Muika kan Roku shuu kan
7. Nanoka kan Nana shuu kan
8. Youka kan Hashuu kan
9. Kokonoka kan Kyuu shuu kan
10. Tooka kan Jusshuu kan
Nan nichi? Nan shuu kan?

 

Yokka kan nihon e ryokou shimasu.
(よっか かん にほん へ りょこう します。)
Arti

※ E : ke
Ryokou shimasu : liburan

 

Gakkou wa ni shuu kan yasumimasu.
(がっこう は に しゅう かん やすみます。)
Arti

※Yasumimasu : libur

 

Bulan dan tahun

Bulan ~ka getsu Tahun ~nen kan
1. Ikka getsu Ichi nen kan
2. Ni ka getsu Ni nen kan
3. San ka getsu San nen kan
4. Yon ka getsu Yo nen kan
5. Go ka getsu Go nen kan
6. Rokka getsu / Han toshi Roku nen kan
7. Nana ka getsu Nana nen kan
8. Hachi ka getsu Hachi kan
9. Kyuu ka getsu Kyuu nen kan
10. Jukka getsu Juu nen kan
Nan ka getus? Nan nen kan?

 

Nihon de san ka getsu sumimasu.
(にほん で さん か げつ すみます。)
Arti

※De : di
Sumimasu : tinggal

 

Daigaku de yo nen kan benkyou shimasu.
(だいがく で よ ねん かん べんきょう します。)
Arti

※Benkyou shimasu : belajar
Daigaku : universitas

Taiki
"Berapa bulan" ingat pakai "getsu" bukan "gatsu". "Gatsu" untuk nama bulan.

Tias
Yang di tabel bulan coba lihat, "han toshi" itu apa?

Taiki
"han" tadi setengah, "toshi" artinya tahun. Jadi "han toshi" itu setengah tahun, kan 6 bulan.
Daigaku de dono gurai benkyou shimasuka.
(だいがく で どの ぐらい べんきょう しますか。)
Arti

※Daigaku : Universitas
Dono gurai : berapa lama

Taiki
Saat bertanya, selain "nan nichi" (berapa hari) "nan nen kan" (berapa tahun) dan lain-lain, bisa diganti "dono gurai" seperti contoh di atas.

Tias
Oke paham. Oh ya, sekarang jam berapa?

Taiki
Juu ji han desu.

Tias
Juu ji han? Jam setengah 11? Gawat, telat aku. Ini gara-gara kamu, dah ah aku pergi.

Taiki
Eh! Kok marah!!! hahaha. Hati-hati di jalan.

Kesimpulan

Taiki
Menyatakan waktu dan jangka waktu dalam bahasa Jepang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan karena pelafalannya berbeda. Awalnya pasti perlu dihafal, tapi jika sering dipraktekkan pasti nanti terbiasa.
Kuy add LINE@ Japanesia!

Kita bink diary sehari-hari dengan bahasa Jepang yg mudah!

Klo kalian mau belajar bahasa Jepang dengan efektif, coba masuk aja!

Kita semuanya tunggu ikutan kalian ya! Makasih!

友だち追加

Kalo kamu suka
tolong follow ya

Kita sampaikan Artikel Terbaru!

Follow Twitter

Artikel Dianjurkan