Taiki
Hey, kayaknya sibuk banget. Lagi ngapain?

Tias
Ngeliat juga tahu kan.

Taiki
Wihh, banyak bener mangganya, panen?

Tias
Iya, tuh pohon depen rumah.

Taiki
Dah dapet berapa?

Tias
Ni baru dihitung. Yah, dah brapa tadi? Kamu sih..

Taiki
Ups, aku ganggu ya. Sorry.

Tias
Gak butuh maaf yang gak ikhlas.

Taiki
Btw, itu hitungannya gimana?

Tias
Ya tinggal 1 buah, 2 buah gitu lah.

Taiki
Klo di bahasa Jepang tau nggak?

Tias
Emang gimana?

Taiki
Ngehitung barang di bahasa Jepang itu beda-beda sesuai bentuk dan ukuran bendanya. Misal mangga tadi.

Tias
Hmm, bentuk enggak tentu, ada yang lonjong juga bulet. Ukurannya nggak besar ato kecil, sedeng lah.

Taiki
Dari ciri-ciri itu, kita hitung pake ini.

Kata hitung

  1. Hitotsu : ひとつ
  2. Futatsu : ふたつ
  3. Mittsu : みっつ
  4. Yottsu:よっつ
  5. Itsutu:いつつ
  6. Muttsu:むっつ
  7. Nanatsu:ななつ
  8. Yattsu:やっつ
  9. Kokonotsu:ここのつ
  10. Too:とお
  11. ※Ikutsu?:いくつ

 

Mango wo ikutsu tabemashita ka.
(まんごー を いくつ たべました か。)
Arti
Hitostsu tabemashita.
(ひとつ たべました。)
Arti

Taiki
Kursi, meja, tas dll begini juga. Diliat aja bentuknya nggak tentu.

Tias
Hoho

Taiki
Tapi klo ukurannya lebih kecil, beda lagi lho. Kayak penghapus karet, jeruk mandarin kan kecil-kecil tu, ngehitungnya begini.

 

~ ko / ~こ

  1. Ikko : いっこ
  2. Ni ko : にこ
  3. San ko:さんこ
  4. Yon ko : よんこ
  5. Go ko : ごこ
  6. Rok ko:ろっこ
  7. Nana ko:ななこ
  8. Hak ko : はっこ
  9. Kyuu ko:きゅうこ
  10. Juk ko:じゅっこ
  11. ※Nan ko?:なんこ?

 

Ichiba de mikan wo nijuk ko urimasu.
(いちば で みかん を にじゅっこ うります。)
Arti

Tias
Ckckck, gitu aja beda??

Taiki
Baru mulai ini.

 

~ hon / ほん ※Benda panjang, botol, payung, pensil.

Ano hito wa, kyou madeni kasa wo go hon nusumimashita.
(あの ひと は、きょう までに かさ を ご ほん ぬすみました。)
Arti

~ mai / ~まい ※Piring, CD, kertas, yang tipis dan yang bentuknya lembaran

Tomodachi kara CD wo 1 mai moraimashita.
(ともだち から しーでぃ を いち まい もらいました。)
Arti

~ satsu / ~さつ ※Buku-buku, karna dijilid tebel kan ya. Nggak bisa disebut lembaran, jadi pake ini

Toshokan de hon wo yon satsu karimashita.
(としょかん で ほん を よん さつ かりました。)
Arti

~ soku / ~そく ※Benda sepasang, kaos kaki, sandal, sepatu

Kinou kutsushita wo ni soku nakushimashita.
(きのう くつした を に そく なくしました。)
Arti

~ dai / ~だい ※Barang elektronik dan kendaraan, tv, kulkas, mobil.

Kuruma wo ichi dai hoshii desu.
(くるま が を いち だい ほしい です。)
Arti

Tias
Dah, cukup. Mulai pusing aku.

Taiki
Udah sampe sini nanggung lah. Biar nggak bosen, kita selingi grammar dulu yuk.

~ ga arimasu / ~が あります

Kyousitsu ni kasa ga yon hon arimasu.
(きょうしつ に かさ が よん ほん あります。)
Arti

Taiki
Arimasu artinya "ada" tapi cuma buat benda nggak gerak ato benda mati. Selain "ada" arimasu juga bisa diartiin "punya". Contohnya
Kasa ga arimasu.
(かさ が あります。)
Arti

Taiki
Klo kalimatanya begini subjeknya "saya" ya.

 

~ ga imasu / ~ が います

Kyoudai ga imasu.
(きょうだい が います。)
Arti

Taiki
Tadi "arimasu" buat benda mati, "imasu" buat yang hidup. Oh iya, di kalimat negatif tinggal diganti jadi arimasen dan imasen.
Kyoudai wa imasen.
(きょうだい は いません。)
Arti

Taiki
Gimana? grammarnya gampang kan.

Tias
Iya, gampang. Tapi klo hantu gimana?

Taiki
Hantu nggak hidup sih, cuma dia bisa gerak makanya pake ~ ga imasu.

Tias
Gitu ya.

Taiki
Balik lagi ke hitungan yok.

Tias
Yah...

 

~ nin / ~にん ※Menyebut jumlah orang

  1. Hitori:ひとり
  2. Futari:ふたり
  3. San nin:さんにん
  4. Yo nin:よにん
  5. Go nin:ごにん
  6. Roku nin:ろくにん
  7. Nana nin:ななにん
  8. Hachi nin:はちにん
  9. Kyuu nin:きゅうにん
  10. Juu nin:じゅうにん
  11. Nan nin?:※なんにん。

 

Kyoudai wa nan nin imasu ka.
きょうだい は なん にん います か。
Arti
Futari imasu.
(ふたり います。)
Arti

 

~hiki / ~ひきBuat binatang yang kecil kayak kucing, anjing, ikan kecil.

  1. Ip piki:いっぴき
  2. Ni hiki:にひき
  3. San biki:さんびき
  4. Yo hiki:よんひき
  5. Go hiki:ごひき
  6. Rop piki:ろっぴき
  7. Nana hiki:ななひき
  8. Hachi hiki:はちひき
  9. Kyuu hiki:きゅうひき
  10. Jup piki:じゅっぴき
  11. Nan biki?:※なんびき。

 

Ie ni neko ga ni hiki imasu.
(いえ に ねこ が に ひき います。)
Arti

Tias
Bener-bener deh. Mau hitungan aja musti mikir jenis bendanya apa.

Taiki
Masih banyak lho ya. Aku kasih tau sekilas buat pengetahuan aja.

 Yang lainnya

  • Untuk rumah : ~ ken
  • Binatang ukuran besar : ~ tou
  • Pakaian : ~ chaku
  • ~ sendok ~ gelas (makan sesendok, minum segelas) : ~ hai

Tias
Udahin aja yok, pusing. Lagian aku masih harus hitung ini. Kamu pulang sana.

Taiki
Ngusir ini critanya, yaudah deh. Btw, enak tuh mangganya, bagi dong.

Tias
Bagi, bagi.. enak aja. Beli! Tak kasih harga temen deh. Sekilo lima belas ribu aja.

Taiki
Cakep. Isi berapa itu?

Tias
Yah, paling 3.

Taiki
Katanya harga temen, mahal tu.

Tias
Udah mending mau jual aku.

Taiki
Eh, tante lagi di rumah nggak?

Tias
Ada di belakang, mo ngapain?

Taiki
Minta mangga, pasti dikasih dan gratis.

Tias
Ni orang Jepang seneng banget gratisan. Modal dikit napa.

Kesimpulan

Taiki
Buat yang masih bingung, nih aku bikinin tabel. Di baca ya

 

Tabel 1 : Benda panjang, lembaran dan yang dijilid

No. ~hon / ~ほん ~mai / ~まい ~satsu / ~さつ
1. Ippon Ichi mai Issatsu
2. Ni hon Ni mai Ni satsu
3. San bon San mai San satsu
4. Yon hon Yon mai Yon satsu
5. Go hon Go mai Go satsu
6. Roppon Toku mai Go satsu
7. Nana hon Nana mai Nana satsu
8. Happon Hachi mai Hassatsu
9. Kyuu hon Kyuu mai Kyuu satsu
10. Juppon Juu mai Jussatsu
Nan hon Nan mai Nan satsu

 

 

Tabel 2 : Benda sepasang, elektronik/ kendaraan dan binatang kecil

No. ~soku / ~そく ~dai / ~だい ~hiki / ~ひき
1. Issoku Ichi dai Ippiki
2. Ni soku Ni dai Ni hiki
3. San soku San dai San biki
4. Yon soku Yon dai Yon hiki
5. Go soku Go dai Go hiki
6. Roku soku Roku dai Roppiki
7. Nana soku Nana dai Nana hiki
8. Hassoku Hachi dai Happiki
9. Kyuu soku Kyuu dai Kyuu hiki
10. Jussoku Juu dai Juppiki
Nan soku Nan dai Nan biki

Tias
Ok! Semuanya aku ngerti, mungkin aku adalah org Jenius.

Taiki
Dasar...

 

Kuy add LINE@ Japanesia!

Kita bink diary sehari-hari dengan bahasa Jepang yg mudah!

Klo kalian mau belajar bahasa Jepang dengan efektif, coba masuk aja!

Kita semuanya tunggu ikutan kalian ya! Makasih!

友だち追加

Kalo kamu suka
tolong follow ya

Kita sampaikan Artikel Terbaru!

Follow Twitter

Artikel Dianjurkan