Tias
Taiki san, bahasa Indonesia kan punya banyak kata hubung, misalnya "sebelum", "sesudah" dll. Di bahasa Jepang ada nggak ya?

Taiki
Contoh pertanyaan yang nggak perlu dijawab.

Tias
Hm?

Taiki
Ya jelas ada lah, tiap bahasa itu pasti punya kata hubung, termasuk bahasa Jepang.

Tias
Ooh gitu. Ya udah.

Taiki
Bukan "Oh gitu, ya udah"! Lebih minat dikit napa.

Tias
Aku cuma mau tanya itu aja kok, nggak lebih.

Taiki
Pantes kurang ilmu. Minat level rendahan sih.

Tias
Apa?

Taiki
Ngambang nih obrolannya. Sekalian bahas aja kata hubung bahasa Jepang.

Tias
Mau? Silahkan aja~

Taiki
Oke. Mulai dari "sebelum", orang Jepang biasa pake ~まえ に (~mae ni). Kata kerja yang ketemu ~まえ に (~mae ni) ini harus bentuk kamus.

Sebelum → ~まえに (~mae ni)

Vる+まえに (KK bentuk kamus + mae ni)

ねる まえ に、 は を みがきます。
Neru mae ni, ha wo migakimasu.
Arti

Neru : tidur
Ha : gigi
Migaku : menggosok

Taiki
Selain kata kerja, kata benda bisa dipake juga. Ada catatan tapi, yakni perlu ditambah の (no).

 

N + の + まえに (KB + no + mae ni)

さんぽ の まえ に、ぼうし を かぶらなくちゃ。
Sanpo no mae ni, boushi wo kaburanakucha.
Arti

Sanpo : jalan-jalan
Boushi : topi
Kaburu : memakai

Tias
Rada ribet ya?

Taiki
Baru satu kata hubung ini, positive thinking dulu lah.

Tias
Iya, aku diem.

Taiki
Lanjut menyatakan "setelah"~

Setelah → ~て から (~te kara)

Vて+から (KK bentuk ~te + kara)

しゅくだい を やって から、 たんご を おぼえます。
Shukudai wo yatte kara, tango wo oboemasu.
Arti

Shukudai : PR
Yaru : mengerjakan
Tango : kosa kata
Oboeru : menghafal

 

ごはん を たべて から、さら を あらってください。
Gohan wo tabete kara, sara wo aratte kudasai.
Arti

Kesa : tadi pagi
Gohan : nasi
Taberu : makan
Sara : piring
Arau : mencuci

Taiki
Selain ~て から (~te kara), buat menyatakan "setelah" yang lain, ada ~た あとで (~ta ato de)

V た + あとで (KK bentuk ~ta + ato de)

きのう がっこう から かえった あと で、なに を しました か。
Kinou gakkou kara kaetta ato de, nani wo shimashita ka.
Arti

Kinou : kemarin
Gakkou : sekolah
Kara : dari
Kaeru : pulang

Tias
Bedanya ~て から (~te kara) sama ~た あとで (~ta ato de) apa dong?

Taiki
Intinya sih sama, cuman ~て から (~te kara) bisa untuk kalimat perintah, larangan, ajakan sama menunjukkan niatan. Tapi, ~た あとで (~ta ato de) nggak.

Tias
Kok sedih... 😢😢~た あとで (~ta ato de) hidupnya dibatasi, kan kasian.

Taiki
Nggak nyambung banget sih. Trus, buat kamu yang hobi banget nyambi, cocok nih sama ~nagara.

Sambil → ~ながら (~nagara)

Vます + ながら (KK masu + nagara)

あね は おんがく を きき ながら、へや の そうじ を して います。
Ane wa ongaku wo kiki nagara, heya no souji wo shite imasu.
Arti

Ane : kakak (pr)
Ongaku : musik
Kiku : mendengarkan
Heya : kamar
Souji suru : bersih-bersih

レシピ を み ながら、りょうり を しても いい です。
Resipi wo mi nagara , ryouri wo shitemo ii desu.
Arti

Resipi : resep
Miru : melihat
Ryouri suru : masak

Tias
Eh iya, bakal sering-sering aku praktekin nih. Oh ya, tanya. Aku mau tanya.

Taiki
Cus aja.

Tias
Aku mau buat kalimat yang ada kata "meskipun" gitu gimana?

Taiki
Kecill, paling simpel gunain ~ても (~te mo).

 

Meskipun / walaupun ~ても (~te mo)

Vて+ も (KK bentuk ~te + mo)

どんなに つかれ ても、ねる まえ に かならず シャワー を あびます。
Donna ni tsukare temo, neru mae ni kanarazu shawaa wo abimasu.
Arti

Donnani : bagaimana pun
Tsukareru : capek
Neru : tidur
Kanarazu : pasti
Shawa wo abiru : mandi

Taiki
Lalu, kata sifat い(i) jadinya begini.

 

Adj い (くて)+ も (KS i 「kute」 + mo)

たかく ても この いえ を かう つもり です。
Takaku temo kono ie wo kau tsumori desu.
Arti

Takai : tinggi/mahal
Ie : rumah
Kau : membeli
Tsumori : berniat

Taiki
Satu lagi, untuk kata sifat な(na) dan kata benda, jangan lupa ~ても(~temo) berubah jadi でも (demo). Bukan demo yang bakar-bakan ban lho.

Tias
Haha, bisa aja.

 

Adj な/N+で+も (KS na/ KB + de + mo)

アイス が すき でも、まいにち は たべません。
Aisu ga suki demo, mainichi wa tabemasen.
Arti

Aisu : es
Suki : suka
Mainichi: tiap hari

ふゆ でも、つめたい コーラ を のみたい です。
Fuyu demo, tsumetai koora wo tabetai desu.
Arti

Fuyu : musim dingin
Tsumetai : dingin
Koora : coca cola
Nomu : minum

Tias
~ても (~temo) variatif ya, kata kerja, sifat, benda semua kepake.

Taiki
Yup, tapi nggak cuma ~ても (~temo), ~とき(~toki) gunain juga semua jenis kata tadi.

Tias
Toki ?

Taiki
Di bahasa Indonesia itu artinya "pada waktu" atau "saat".

Pada waktu / saat ~とき (~toki)

V+とき (KK bentuk biasa + toki)

バイク の うんてん を している とき、タバコ は きんし です。
Baiku no unten wo shite iru toki, tabako wa kinshi desu.
Arti

Baiku : motor
Unten suru : mengendarai
Tabako : rokok
Kinshi : dilarang

 

スマトラ に いく とき、ともだち に れんらく して どこか で あう やくそく を する。
Sumatora ni iku toki, tomodachi ni renraku shite dokoka de au yakisoku wo suru.
Arti

Tomodachi : teman
Renraku suru : menghubungi
Au : bertemu
Yakusoku : janji

Adj い+とき (KS i + toki)

きぶん が わるい とき、しょくよく が なくなります。
Kibun ga warui toki, shokuyoku ga naku narimasu.
Arti

Kibun ga warui : bad mood
Shokuyoku : nafsu makan

Taiki
Perhatiin penggunaan kata sifat な (na) dan kata bendanya. Rada beda soalnya.

 

Adj な+ な+ とき (KS na + na + toki)

ひま な とき、どう やって すごしますか。
Hima na toki, dou yatte sugoshimasu ka.
Arti

Hima : senggang
Sugosu : menghabiskan (waktu)

 

N+ の + とき (KB + no + toki)

がくせい の とき、よく せんせい に しかられた。
Gakusei no toki, yoku sensei ni shikarareta.
Arti

Gakusei : siswa
Yoku : sering
Sensei : guru
Shikarareru : diomeli

Taiki
Gimana? Gampang banget kan?

Tias
Iya, gampang banget sampe pusing aku.

Taiki
Kurang minum air itu, biasakan minimal 2,5 liter setiap hari.

Tias
Malah ngiklan 😒

Taiki
Dah ah, lanjut. Tinggal dua kata hubung lagi nih.

Selama → ~あいだ (~aida)

V て いる + あいだ (KK ~te iru + aida)

わたし が ケーキ を つくって いる あいだ、こともたち と いっしょ に あそびませんか。
Watashi ga keeki wo tsukutte iru aida, kodomotachi to issho ni asobimasen ka.
Arti

Keeki : cake
Tsukuru : membuat
Kodomotachi : anak-anak
Issho ni : bersama
Asobu : bermain

 

N + の + あいだ (KB + no + aida)

なつやすみ の あいだ、どこ へ も いきませんでした。
Natsuyasumi no aida, doko e mo ikimasen deshita.
Arti

Taiki
~あいだ (~aida) untuk menyebutkan "selama". Dan yang terakhir ada ~うちに yang artinya "selagi".

~うちに (~selagi)

V ている / ない+うちに (KK ~te iru / ~nai+ uchi ni)

あめ が ふらない うち に かえりましょう。
Ame ga furanai uchi ni, kaerimashou.
Arti

Ame ga furu : hujan turun
Kaeru : pulang

 

Adj い+ うちに (KS i + uchi ni)

あたたかい うち に、スープ を のんで ください。
Atatakai uchi ni, suupu wo nonde kudasai.
Arti

Atatakai : hangat
Suupu : sup

Tias
Yey~ Dah selesai~

Taiki
Sebenernya sih masih banyak kata hubung lain dalam bahasa Jepang. Cuma aku udahin di sini dulu, capek.

Tias
Nggak papa, aku ikhlas lahir batin kok. Lanjut besok lagi aja. Kamu balik sana~

Taiki
Yah, diusir.

Kesimpulan :

Ada banyak kata hubung dalam bahasa Jepang. Diantaranya yang sering digunakan adalah "sebelum", "setelah" dan lain-lain yang telah kita bahasa hari ini. Tiap kata hubung juga punya aturannya masih-masing saat muncul dalam suatu kalimat. Jadi, jangan sampai keliru ya.

Kalo kamu suka
tolong follow ya

Kita sampaikan Artikel Terbaru!

Follow Twitter

Artikel Dianjurkan