Taiki
Hari ini kita akan belajar perubahan kata kerja, yaitu kata kerja bentuk ~て (~te), ~た (~ta) dan ~ない (~nai).

Tias
Banyak ya perubahan kata kerja di bahasa Jepang.

Taiki
Memang. Langsung kita mulai dari bentuk ~て (~te) ya. Beberapa pola kalimat di bahasa Jepang menggunakan bentuk ini. Misalnya pola saat meminta izin juga larangan.

Tias
Hoo.

Taiki
Tapi nggak semua kata kerja bisa langsung diubah ke bentuk ~て (~te), ada aturannya. Salah satunya berdasarkan kelompok kata kerjanya.

Tias
Yang kelompok kata kerja minggu lalu?

Taiki
Yup, masih ingat kan ya?

Tias
Masih kok.

Taiki
Oke, kita ke Grup I. Oh iya, di Grup I pun perubahan bentuk ~て (~te)nya sedikit berbeda tergantung akhiran kata.

Tias
Waduh

Taiki
Lebih jelasnya lihat tabel di bawah ini.

Grup I

~って(~tte)

Taiki

Akhiran ~く (~ku) yang menjadi ~って (~tte) hanya berlaku untuk "Iku" (pergi), karena "Iku" itu spesial. Kata kerja ~く (~ku) lainnya menjadi ~いて(~ite), seperti berikut.

~いて(~ite)

~して(~shite)

Tias
Klo akhiran kata ~す (~su), vokal menjadi "i" plus "te" ya?

Taiki

Iya, betul sekali.

Kita lanjut. Kata yang berakhiran ~ぐ (~gu) diubah menjadi ~いで(~ide) dan akhiran ~ぬ(~nu)、~む(~mu)、~ぶ (~bu) jadi ~んで(~nde).

 

~いで(~ide)

~んで(~nde)

Grup II

Taiki
Untuk kata kerja Grup II lumayan gampang. Akhiran ~る(~ru) dari "eru" dan "iru" langsung aja diubah jadi ~て (~te).

Grup III

Tias
Grup III ini gimana?

Taiki
Grup III nggak ada aturan khusus, hafalin aja ya. Lagian juga cuman dua.
Contoh kalimat
Ima, imouto wa nete imasu.
(いま、いもうと は ねています。)
Arti

Ima : sekarang
Imouto : adik perempuan

Taiki
Salah satu pemakaian kata kerja bentuk ~て (~te) yakni pola ~te imasu. Pola ini diartikan "sedang". Sampe sini ada pertanyaan?

Tias
Hmmm.

Taiki
Kenapa?

Tias
Nggak apa, cuma lagi mikir yang perlu dipahami banyak.

Taiki
Oalah. Belajar bahasa emang begini, gampang-gampang susah. Tapi yang begini ini yang bikin menantang.

Tias
Iya juga sih.

Taiki
Bisa kita lanjut?

Tias
Okee.

~た (~ta)

Grup I

Taiki
Tadi bentuk ~て (~te), sekarang masuk ke bentuk ~た (~ta). Aturan perubahannya sama seperti bentuk ~て (~te) tadi, tinggal diubah aja jadi ~た (~ta).

Grup II

Grup III

Tias
Fungsi kata kerja bentuk ini apa?

Taiki
Kata kerja ~た (~ta) sebenarnya bentuk informal dari ~ました(~mashita) yang menunjukkan "lampau". Contoh, kita ngobrol sama teman, pake bentuk ~ます(~masu) itu terlalu sopan, jadi salah satunya bisa pake bentuk ini.
Contoh kalimat
👧 Kinou, nani wo tabeta?
(きのう、なに を たべた?)
Arti

Kinou : kemarin
Nani : apa

 

🙍 Yasai wo tabeta.
(やさい を たべた。)
Arti

Yasai : sayur

Tias
Hmm, berarti paham bentuk ~て (~te), pasti paham bentuk ini ya.

Taiki
Yes.

~ない (~nai)

Taiki
Yang terakhir untuk hari ini kata kerja bentuk ~ない (~nai). ~ない (~nai) ini bentuk informal dari ~ません(~masen) yang berarti "tidak~". Perubahannya, untuk Grup I vocal akhir berubah menjadi "a" ditambah ~ない (~nai).
Grup I

Taiki
Mudah kan?

Tias
Waktu dijelasin sih keliatannya gampang, tapi nggak tau entar ya. Mungkin bakal bingung lagi.

Taiki
Makanya baca penjelasannya diulang-ulang dong, sampe paham.

Tias
Iya iya.

Taiki
Untuk Grup II, mudah juga. Tinggal diganti ~ない (~nai) aja akhiran katanya.
Grup II

Grup III

Taiki
Nah, yang Grup III ini くる (Kuru) jadi "konai", ingat baik-baik. Banyak yang salah sebut "kinai" soalnya.

Tias
Siap, aku ingat baik-baik.
Contoh kalimat
🙍Korekara, gakkou e iku?
(これから がっこう へ いく?)
Arti

Korekara : habis ini
Gakkou : sekolah

 

👩 Uun, gakkou e ikanai.
(ううん、がっこう へ いかない。)
Arti

Uun, gakkou e ikanai.
Uun : tidak

Taiki
Aku kasih latian, nanti coba ubah ke tiga bentuk yang kita pelajari tadi plus artinya, oke?

Tias
Siapp

 

Jawaban

 

Kesimpulan

Taiki
Mengubah kata kerja menjadi bentuk ~て (~te), ~た (~ta) dan ~ない sebenarnya sangat mudah. Memang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti perubahan pada kata kerja Grup I dll. Tapi tenang, bila sering dipraktekkan pasti cepat bisa. Okee!
Kuy add LINE@ Japanesia!

Kita bink diary sehari-hari dengan bahasa Jepang yg mudah!

Klo kalian mau belajar bahasa Jepang dengan efektif, coba masuk aja!

Kita semuanya tunggu ikutan kalian ya! Makasih!

友だち追加

Kalo kamu suka
tolong follow ya

Kita sampaikan Artikel Terbaru!

Follow Twitter

Artikel Dianjurkan