Taiki
Pagi~

Tias
Udah siang kali.

Taiki
Nggak papa biar semangat pagi terus. Hari ini kita belajar Cara Menyatakan Keinginan yuk.

Tias
Bukannya tinggal ditambah kata "ingin" gitu.

Taiki
Jelas beda dong. Kan bahasa Jepang.

Tias
Oh, bahasa Jepang ya. Aku kira bahasa Indonesia.

Taiki
Hilang ingatan dia.

Tias
Sorry, barusan kejedot pintu.

Taiki
Balik lagi. Di bahasa Jepang ada 2 cara alias 2 pola kalimat yang bisa dipake.

N + が + ほしい
KB + ga + hoshii

Taiki
Pola pertama kita gunakan ~hoshii. Kata "hoshii" sendiri artinya "ingin".

Tias
La ini sama. Kalimatnya tinggal ditambah kata "ingin" versi Jepang.

Taiki
Pola pertama ini memang rada mirip bahasa Indonesia. Tapi, ほしい「hoshii」menyatakan keinginan terhadap benda/barang aja.

Tias
Barang aja?

Taiki
Iya, barang aja. Misalnya nih.
Atarashi dejikame ga hoshii desu.
あたらしい デジカメ が ほしい です。
Arti

Atarashii : baru
Dejikame : kamera digital

 

Ookikute hiroo ie  ga hoshii desu.
おおきくて ひろい いえ が ほしい です。
Arti

Ookii : besar
Hiroi : luas
Ie : rumah

Taiki
Kamera digital sama rumah bentuknya barang kan. Makanya pola ほしい「hoshii」yang digunakan. Terus, partikel sebelum ほしい「hoshii」itu "ga" ya. Udah aku cetak tebal tu "ga"nya, biar kamu inget.

Tias
Iya, iya. Makasih bangeeet deh.

Taiki
Hati-hati juga kepalanya. Kejedot, hilang ingatan lagi ntar.

Tias
ほしい「hoshii」tadi kan buat keinginan yang bentuknya barang, klo keinginannya berupa tindakan? Contoh, aku mau bilang "ingin makan nasi goreng" gitu gimana?

Taiki
Keinginan wujudnya tindakan, kita pake pola kedua.

~V たい 「KK bentuk ~tai」

Taiki
Di pola kedua, menggunakan kata kerja bentuk ~たい「~tai」. Perubahan katanya :

「KK ~masu →~tai = ingin ....」
Ikimasu →Ikitai = ingin pergi

Taiki
Gampang kan? Tinggal "masu" dari kata kerja bentuk ~masu, diganti "tai". Coba ya, kalimatmu tadi aku ubah ke bahasa Jepang.

 

Nasi goreng wo tabetai desu.
ナシ ゴレン を たべたい です。
Arti

Taberu : makan

Tias
Ohh, jadinya begini. Contoh lain dong.

Taiki
Siapp.
Hiroi puuru de oyogitai desu.
ひろい プール で およぎたい です。
Arti

Hiroi : luas
Puuru : kolam renang
Oyogu : berenang

Taiki
Paham?

Tias
Yang ini sih udah.

Taiki
Kita lanjut ke bentuk negatif (tidak ingin).
Atarashi dejikame ga hoshikunai desu.
あたらしい デジカメ が ほしくない です。
Arti

Atarashii : baru
Dejikame : kamera digital

Nasi goreng wo tabetakunai desu.
ナシ ゴレン を たべたくない です。
Arti

Taberu : makan

Tias
Loh, kenapa jadi ada "kunai"nya?

Taiki
Pola ~ほしい「~hoshii」sama V~たい「KK~tai」huruf akhirnya apa?

Tias
Dah jelas い「i」gitu.

Taiki
Inget perubahan kata sifat "i"? Perubahan ke bentuk negatif, lampau sama negatif lampaunya?

Tias
Inget lah. Hm, hubungannya apa?

Taiki
~ほしい「~hoshii」sama V~たい「KK~tai」 perubahan katanya sama kayak kata sifat "i".

Tias
Ternyata. Bilang dong dari tadi.

Taiki
Baru juga dijelasin. Oh ya, contoh-contoh kalimat yang tadi kita bahas, contoh kalimat formal. Misal mau buat kalimat biasa (informal), hilangin aja "desu"nya.
👨 : Nani ga hoshii?
なに が ほしい
Arti

Nani : apa

 

👩 : Dejikame ga hoshii.
デジカメ が ほしい
Arti
👧 : Puuru de oyogitai?
プール で およぎたい
Arti
👦 : Puuru de oyogitakunai.
プール で およぎたくない
Arti

Taiki
Sekarang, kamu coba deh buat kalimat. Per pola satu ya.

Tias
Buat kalimat mah kecil. Udah paham gitu. ?
  1. Imouto wa baabi ningyou ga hoshii desu.
  2. Haha wa nihon e ikitai  desu.

Taiki
Katanya paham? Nggak ada yang bener kalimatmu.

Tias
Apa???  nggak mungkin....

Taiki
Nggak usah sok dramatis. Emang salah kalimatmu. Pola ~ほしい「~hoshii」sama V~たい「KK~tai」 hanya bisa dipake orang pertama (aku) dan orang kedua (kamu). Tapi liat kalimatmu tadi, subjeknya orang lain semua.
 Imouto wa baabi ningyou ga hoshii desu. (×)
いもうと は バービー にんぎょう が ほしい です。
Arti

Imouto : adik (pr)
Baabi ningyou : boneka barbie

 Haha wa nihon e ikitai desu. (×)
はは は にほん へ いきたい です。
Arti

Haha : ibu
Iku : pergi

Tias
Klo gitu untuk orang lain gimana dong.

Taiki
Pikir aja sendiri.

Tias
Niat ngajarin nggak sih?

Taiki
Bercanda.haha Untuk menyebutkan keinginan orang lain, ada sedikit perubahan. Perhatikan ini.
~ほしい「~hoshii」→ ~ほしがる「~hoshigaru」
Imouto wa baabi ningyou wo hoshigatte imasu. O
いもうと は バービー にんぎょう を ほしがって います
Arti

 

~Vたい「KK ~tai」→ ~Vたがる「KK ~tagaru」
Haha wa nihon e ikitagatte imasu. O
はは は にほん へ いきたがって います。
Arti

Taiki
Begini nih kalimat yang bener.

Tias
Jadi makin banyak aja polanya.

Taiki
Atau mau cara simpel, kita tambahin aja と いいます「to iimasu」di akhir kalimat.
~ほしい「~hoshii」+ と いいます「to iimasu」
Imouto wa baabii ningyou ga hoshii to iimashita.
いもうと は バービー にんぎょう が ほしい と いいました
Arti

To iimasu : mengatakanfa-arrow-circle-right

Haha wa nihon e ikitai to iimashita.
はは は にほん へ いきたい と いいました
Arti

Tias
Aku lebih suka cara kedua. Nggak perlu ada perubahan kata. Tapi, misal orangnya nggak pernah bilang ingin apa, susah juga ya pake cara kedua ini.

Taiki
Ya kita lihat dulu situasi, habis itu silahkan pilih yang mana.

Tias
Okee.

Taiki
Nggak ada pertanyaan kan. Yuk lanjut, yang terakhir nih.

Tias
Dasar, seenaknya.

Taiki
Di bagian akhir ini, aku mau bahas pola-pola tadi jika ketemu kata benda.

ほしい「hoshii」+ KB

Hoshii mono wa dejikame desu.
ほしい もの は デジカメ です。
Arti

Mono : barang

 

Vたい「KK tai」+ KB

Tsukuritai ryouri wa nasi goreng desu.
つくりたい りょうり は ナシゴレン です。
Arti

Tsukurimasu : membuat

ほしがる「hoshigaru」+ KB

Imouto ga hoshigaatte iru ningyou wa baabii ningyou desu.
いもうと が ほしがって いる にんぎょう は バービー にんぎょう です。
Arti

Vたい「KK tai」+ KB

Haha ga ikitagatte iru tokoro wa nihon desu.
はは が いきたがって いる ところ は にほん です。
Arti

Tias
ほしい「hoshii」dan kawan-kawan, bisa ditaruh di depan atau tengah kalimat juga ya

Taiki
Gitu deh. Biar adil, kan kasian misal di belakang terus.

Tias
Apaan sih. Nggak nyambung banget.

Taiki
Haha.

Kesimpulan

Pola ~ほしい ~hoshii,  ~V たい KK ~tai digunakan untuk menyatakan keinginan diri sendiri, juga keinginan orang yang ada di hadapan kita. Sedangkan ntuk menyatakan keinginan orang lain, polanya yakni ほしがる ~hoshigaru atau ~Vたがる KK ~tagaru. Jadi, tolong dibedakan ya.

Kalo kamu suka
tolong follow ya

Kita sampaikan Artikel Terbaru!

Follow Twitter

Artikel Dianjurkan