Tias
Taiki san, kemarin aku ketemu orang Jepang di jalan, dia tanya toko obat tapi aku bingung gimana ngejelasinnya. Nyesel banget rasanya nggak bisa bantu. Makanya aku mau minta ajarin dong, cara njelasin posisi sesuatu dalam bahasa Jepang.

Taiki
Waduh, waduh. Santai dong. Masih pagi ini.

Tias
Eh iya, maaf maaf.

Taiki
Intinya mau blajar njelasin posisi kan ya.

Tias
Iya.

Taiki
Btw, masih inget nggak pelajaran minggu ke enam?

Tias
Yang cara hitung benda-benda?

Taiki
Yup, sebenarnya udah aku singgung dikit di bab itu.

Tias
Hmm?

Taiki
Oke, langsung aja deh. Kita mulai dari njelasin keberadaan dulu ya. Kita bisa pake pola.

 

  • (KB) ni (KB) ga arimasu
  • (KB) ni (KB) ga imasu

 

Heya ni isu ga arimasu.
(へや に いす が あります。)
Arti

Heya : kamar
Isu : kursi

Taiki
Dari kalimat tadi kita tahu, di kamar ada kursi. "Arimasu" untuk benda mati, inget kan?

Tias
Inget kok.

 

Daidokoro ni neko ga imasu.
(だいどころ に ねこ が います。)
Arti

Daidokoro : dapur
Neko : kucing

Tias
"Imasu" buat yang hidup kan, karna kucing.

Taiki
Yes.
Gakkou no mae ni mise ga arimasu.
(がっこう の まえ に みせ が あります。)
Arti

Gakkou : sekolah
Mae : depan
No : partikel penghubung 2 kata benda
Mise : toko

Taiki
Dibikin variasi begini juga ok. Menyebut "depan sekolah" seperti di contoh tadi, dalam bahasa Jepang perlu dibalik.

Tias
Bukan "mae no gakkou", yang benar "gakkou no mae" gitu?

Taiki
Benar, dibalik dari bahasa Indonesianya. Kita latihan dikit.
  • Belakang sekolah : gakkou no ushiro
  • Dalam kamar : heya no naka
  • Bawah kursi : isu no shita

Tias
Aku inget2 deh.

Taiki
Pola di atas menunjukkan keberadaan sesuatu. Selanjutnya klo mau tanya posisi sesuatu bisa pake pola ini.
  • (KB) wa (KB) ni arimasu
  • (KB) wa (KB) ni imasu
Isu wa heya ni arimasu.
(いす は へや に あります。)
Arti
Neko wa daidokoro ni imasu.
(ねこ は だいどころ に います。)
Arti
Mise wa gakkou no mae ni arimasu.
(みせ は がっこう の まえ に あります。)
Arti

Tias
Masih rada bingung bedanya 2 pola tadi?

Taiki
Bingung ya? Coba perhatiin lagi contoh kalimat pertama.

Tias
Iya.

Taiki
"Heya ni isu ga arimasu" di kalimat ini, dijelasin di heya (kamar) ada apa. Tapi klo "Isu wa heya ni arimasu" yang dijelaskan itu posisi isu (kursi) ada di mana.

Tias

Hoo

Taiki
Paham? Ini aku kasih tambahan kosa kata yang sering dipake ya.
Kosa kata tambahan
  • Mae : di depan
  • Ushiro : di belakang
  • Ue : di atas
  • Shita : di bawah
  • Tonari : di samping
  • Naka : di dalam
  • Soto : di luar
  • Aida : di antara

 

Taiki
Dihafalin ya kosa katanya. Lalu, coba baca contoh berikut.

 

Hondana no ue ni terebi ga arimasu. / Terebi wa hondana no ue ni arimasu.
(ほんだな の うえ に てれび が あります。/ てれび は ほんだな の うえ に あります。)
Arti

Terebi : tv
Hondana : rak buku

 

Enpitsu no shita ni nooto ga arimasu. / Nooto wa enpitsu no shita ni arimasu.
(えんぴつ の した に のーと が あります。/ のーと は えんぴつ の した に あります。)
Arti

Nooto : buku catatan
Enpitsu : pensil

Tias
Gampang.

Taiki
Memang gampang. Untuk cara tanyanya, lihat kalimat bawah ini.

 

👧 Hondana no ue ni nani ga arimasu ka.
(ほんだな の うえ に なに が あります か。)
Arti

Nani : apa

👨Terebi ga arimasu.
(てれび が あります。)
Arti

Taiki
Pola pertama biasa nggunain "nani". Klo pola kedua pakenya "doko".
👨 Nooto wa doko ni arimasuka.
(のーと は どこ に ありますか。)
Arti

 

👧 Nooto wa enpitsu no shita ni arimasu.
(のーと は えんぴつ の した に あります。)
Arti

 

Terebi no mae ni dare ga imasuka.
(てれび の まえ に だれ が いますか。)
Arti

Dare : siapa

 

Daremo imasen.
(だれも いません。)
Arti

Tias
Daremo itu apa?

Taiki
Daremo itu siapapun. Makanya, "daremo imasen" artinya "tidak ada siapapun".

Tias
"Tidak ada apapun" gimana?

Taiki
"Nanimo arimasen". "Nanimo" dari "nani" .

Tias
Oke oke.

Taiki
Oh iya, ada satu tambahan lagi. Misal ditanya begini.

 

❔Hondana no ue ni nanika arimasu ka.
(ほんだな の うえ に なにか あります か。)
Arti

Nani ka : sesuatu

Taiki
Pertanyaan kayak gini, pasti jawabannya iya ato tidak. Jadi jawabnya

 

🙆 Hai, arimasu.
(はい、あります。)
Arti
🙅 Iie, arimasen.
(いいえ、ありません。)
Arti

Taiki
"Nanika" bisa diganti "dareka" ya. Lihat gambar 3.
Terebi no mae ni dareka imasu ka.
(てれび の まえ に だれか います か。)
Arti

Dareka : seseorang

Iie, imasen.
(いいえ、いません。)
Arti

Taiki
Sampe sini ada yang ditanyain?

Tias
Blum ada.

Taiki
Klo kecepetan bilang ya.

Tias
Agak cepet sih, tapi masih aman kok.

Taiki
Kita ke latiha klo gitu. Perhatiin gambar berikut, lalu coba jawab pertanyaannya ya.

Tias
Syiapp.

 

 

 

👱Kyousitu ni nanika arimasu ka.
(きょうしつ に なにか あります か。)
Arti

Kyousitsu : kelas

Jawaban
👦 Hai, arimasu.
(はい、あります。)
Arti

 

👱 Nani ga arimasu ka.
(なに が あります か。)
Arti

Nani : apa

Jawaban
👦 Isu ya senpuuki ya doa ya mado ga arimasu.
(いす や せんぷうき や どあ や まど が あります。)
Arti
Senpuki : kipas angin
Ya : dan
Doa : pintu
Mado : jendela

 

👱 Senpuuki wa doko ni arimasu ka.
(せんぷうき は どこ に あります か。)
Arti
Jawaban
👦 Doa no mae ni arimasu.
(どあ の まえ に あります。) 
Arti
👱 Mado wa doko ni arimasu ka.
(まど は どこ に あります か。)
Arti
Jawaban
👦 Doa to howaito boodo no aida ni arimasu.
(どあ と ほわいと ぼーど の あいだ に あります。) 
Arti

To : dan
Howaito boodo : whiteboard

 

👱 Kyousitsu ni dareka imasu ka.
(きょうしつ に だれか います か。)
Arti
Jawaban
👦 Hai, imasu.
(はい、います。) 
Arti
👱 Dare ga imasu ka.
(だれ が います か。)
Arti

Dare : siapa

Jawaban
👦 Sensei to gakusei ga imasu.
(せんせい と がくせい が います。)
Arti
👱 Sensei wa doko ni imasu ka.
(せんせい は どこ に います か。)
Arti
Jawaban
👦 Howaito boodo no tonari ni imasu.
(ほわいと ぼーど の となり に います。)
Arti

Tias
Ternyata nggak sesulit dugaanku.

Taiki
Siapa juga yang bilang sulit?

Tias
Nggak ada sih. Tahu begini, dari kemarin-kemarin aku belajarnya. Jadi bisa jawab klo ditanya-tanya orang Jepang.

Taiki
Tenang, nggak ada yang namanya telat buat belajar. Kali aja besok2 ketemu orang Jepang nyasar lagi.

Kesimpulan

Taiki
Menjelaskan keberadaan dan posisi benda atau orang, cukup gunain 2 pola yang dipelajari hari ini ya. Nggak perlu bingung-bingung lagi karena mudah banget. Biar makin oke dipraktekin juga lho ya.
Kuy add LINE@ Japanesia!

Kita bink diary sehari-hari dengan bahasa Jepang yg mudah!

Klo kalian mau belajar bahasa Jepang dengan efektif, coba masuk aja!

Kita semuanya tunggu ikutan kalian ya! Makasih!

友だち追加

Kalo kamu suka
tolong follow ya

Kita sampaikan Artikel Terbaru!

Follow Twitter

Artikel Dianjurkan