Taiki
Hari ini aku mau ajari cara orang Jepang menyatakan "boleh" dan "tidak boleh".

Tias
Iya gih, penting nih soalnya. Besok misalnya aku pergi ke Jepang, aku bisa paham mana yang boleh sama mana yang nggak boleh.

Taiki
Emang itu maksudku ajari pola ini, aturan di Indonesia sama di Jepang kan pasti banyak yang beda. Btw, kapan pergi ke Jepangnya?

Tias
Besok lah. Besok klo punya duit.

Taiki
Ya ya ya, langsung ke pola aja deh.

 

Boleh/(KK) ~ても いいです/(KK) ~te mo ii desu.

Kyoushitsu no naka de gohan wo tabetemo iidesu.
(きょうしつ の なか で ごはん を たべても いいです。)
Arti

Kyoushitsu : kelas
Naka de : di dalam
Okashi : snack
Gohan : nasi
Tabete : makan (taberu)

Taiki
Menyatakan "boleh" pakai pola ini ya, sama ingat kata kerja harus bentuk~te.

Tias
Okee.

Taiki
Trus, di percakapan kata "ii" kadang digantikan kata lain yakni

"ii" → だいじょうぶ (daijoubu)

※ Daijoubu : tidak apa-apa
Gohan wo tabetemo daijoubu desu.
(ごはん を たべても だいじょうぶです。)
Arti

Tias
Artinya tetap sama?

Taiki
Iya tetap sama kok artinya, cuma kata yang digunain lebih bervariasi aja. Lalu untuk kalimat yang lebih formal kita pakai :

"ii' → よろしい (yoroshii)

Gohan wo tabetemo yoroshii desu.
(ごはん を たべても よろしいです。)

Taiki
Pola (KK) ~te mo ii desu sendiri sebenarnya udah cukup formal karena ada kata "desu", tapi misal di lingkungan kayak kantor atau ditujukan pada orang yang kita hormati, akan lebih baik klo polanya (KK) ~ te mo yoroshii desu.

Tias
Ohh, gitu.

Taiki
Untuk tanya, tinggal tambahkan "ka" di bagian akhir kalimat.
Kyousitsu no naka de gohan wo tabetemo ii desuka?
(きょうしつ の なか で
 ごはん を たべても いいですか。)
Arti

Tias
"ka" ini di bahasa Indonesia fungsinya kayak tanda tanya ya?

Taiki
Betul. Trus versi percakapannya begini.

 

がっこう で (gakkou de) : di sekolah

👉Gakusei : Sensei, shiken no toki jisho wo tsukattemo ii desuka.
(がくせい : せんせい、しけん の とき じしょ を つかっても いい ですか。)
Arti

Shiken : ujian
Toki : saat
Jisho : kamus
Tukatte : memakai (tsukau)

 

🙆 Sensei : Hai, daijoubu desu.
(せんせい : はい、だいじょうぶ です。)
Arti

 

🙅 Sensei : Iie, dame desu.
(せんせい : いいえ、だめ です。)
Arti

かいしゃで (kaisha de) : di kantor

👉 Shain : Bucho, kyou wa soutai shitemo yoroshii desuka?
(しゃいん : ぶちょう、きょう は そうたい しても よろしい ですか。)
Arti

Soutai suru : pulang cepat

 

🙆 Buchou : Hai, douzo.
(ぶちょう : はい、どうぞ。)
Arti

 

🙅 Bucho : Sore wa chotto. Kyou wa isogashii desu kara.
(ぶちょう : それ は ちょっと。きょうは いそがしい です から。)
Arti

Taiki
Gimana? Bingung nggak?

Tias
Sampe sini sih belum.

Taiki
Klo gitu kita ke pola "tidak boleh", oke.

Tidak boleh /(KK) ~ては だめです。/(KK) ~te wa dame desu.

Taiki
Pola "tidak boleh" juga pakai kata kerja bentuk ~te seperti pola "boleh" tadi. Tapi partikel setelahnya bukan "mo", melainkan "wa".
Kyoushitsu no naka de gohan wo tabete wa dame desu.
(きょうしつ の なか で ごはん を たべて は だめ です。)
Arti

Tias
Aku harus hati-hati di partikel ini. Tadi "mo" ini "wa", ayo masuk ke kepala dong.

Taiki
Ngapain kamu?

Tias
Lagi hafalan.

Taiki
Haha, kirain ngapain tadi. Trus bentuk formalnya.

(KK)~ては いけません。(formal)/(KK) ~te wa ikemasen.

Kyoushitsu no naka de gohan wo tabete wa ikemasen.
(きょうしつ の なか で ごはん を たべて は いけません。)
Arti

Tias
Yang ini bagian belakangnya bukan "desu" ya?

Taiki
Iya, kata kerja soalnya. Kita ke contoh lain.
Benkyou shiteiru toki, terebi wo mitewa ikemasen.
(べんきょう している とき、 テレビ を みては いけません。)
Arti

Benkyou shimasu : belajar
Terebi : TV

Taiki

Oh iya, pola (KK) ~te wa ikemasen bisa jadi jawaban pertanyaan pola (KK) ~te mo ii desu tadi lho. Biar lebih jelas, lihat percakapan di bawah ini.

 

がっこうで (gakkou de) : di sekolah

Gakusei : Sensei, watashi wa ima totemo nemui desu. Netemo ii desuka?
(がくせい : せんせい、わたし は いま とても ねむいです。 ねても いいですか。)
Arti

 

Sensei : Jugyou no toki, nete wa ikemasen yo.
(せんせい : じゅぎょう の とき 、 ねて は いけません よ。)
Arti
Gakusei : Hai, wakarimashita.
(がくせい : はい、わかりました。)
Arti

Tias
Contohnya kok... muridnya berani banget?

Taiki
Kan ceritanya anak zaman sekarang gitu.

Tias
Haduhh.

Kesimpulan

Pola kalimat menyatakan "boleh" dan "tidak boleh" sama-sama memakai kata kerja bentuk ~te. Pada kedua pola tadi, terdapat pula bentuk formal juga bentuk biasa yang penggunaannya dapat disesuaikan berdasarkan situasi atau lawan bicara.

Kuy add LINE@ Japanesia!

Kita bink diary sehari-hari dengan bahasa Jepang yg mudah!

Klo kalian mau belajar bahasa Jepang dengan efektif, coba masuk aja!

Kita semuanya tunggu ikutan kalian ya! Makasih!

友だち追加

Kalo kamu suka
tolong follow ya

Kita sampaikan Artikel Terbaru!

Follow Twitter

Artikel Dianjurkan