Taiki
Yey, kita ketemu lagi.

Tias
Suaranya jangan keras-keras, di sebelah lagi ada yang belajar.

Taiki
Kita kan juga belajar.

Tias
Ya makanya itu, jangan saling ganggu.

Taiki
Iya deh. Hari ini belajar menyatakan "perbandingan" yuk.

Tias
Perbandingan? Yang kayak gimana?

Taiki
Haduh... 😒Aku kasih pertanyaan, jawab ya. Di Indonesia enakan musim kemarau atau musim hujan?

Tias
Hmm, aku sih daripada musim hujan lebih suka musim kemarau.

Taiki
"Daripada" "~lebih~" ini kan kata buat menyatakan perbandingan.

Tias
Oh iya ya. hehe

Taiki
Klo di Jepang menyebut "daripada", pakenya polaより (yori). Begini nih.

N + は + N + より + Adjective
KB + wa + KB + yori + KS

Remon wa mikan yori suppai desu.
レモン は みかん より すっぱい です。
Arti

Remon : lemon
Mikan : jeruk
Suppai : asam

Bakso wa mi ayam yori suki desu.
バクソー は ミー
アヤム より すき です。
Arti

Suki : suka

Baiku wa jitensha yori hayaku hashirimasu.
バイク は じてんしゃ より はやく はしります。
Arti

Baiku : motor
Jitensha : sepeda
Hayaku : cepat
Hashiru : berlari

Tias
Ohhh, gini ya. Baru tau aku.

Taiki
Klo udah tau ngapain kita belajar pola kalimat ini?

Tias
Iya juga ya.

Taiki
Kok kamu lemot banget sih hari ini?

Tias
Masak sih?

Taiki
Tuh kan... Dah, dengerin dulu aja. Berikutnya, coba kita lihatより(yori) versi percakapan.

 

👦Ryouri ha jouzu desu ka.
りょうり は じょうず ですか。
Arti

Ryouri : masak

 

👧Ane yori jouzu desu.
あね より じょうず です。
Arti

Tias
Wah, ini menghina kakak sendiri.

Taiki
Contoh aja itu, nggak perlu dikomen. Oh ya, より(yori) bisa juga lho dikombinasikan sama の ほう が(no hou ga).

Tias
Apaan itu の ほう が (no hou ga)?

Taiki
の ほう が(no hou ga) biasa diartikan ~ lebih ~.

 

N + より + N + の ほう が + Adjective
KB + yori + KB + no hou ga + KS

Usagi yori neko no hou ga kawaii to omoimasu
うさぎ より ねこ の ほう が かわいい と おもいます。
Arti

Usagi : kelinci
Neko : kucing
Kawaii : imut
To omoimasu : saya pikir

Amai mono yori karai mono no hou ga takusan taberaremasu.
あまいもの より からいもの の ほう が たくさん たべられます。
Arti

Amai mono : makanan manis
Karai mono : makanan pedas
Takusan : banyak
Taberareru : bisa makan

 

Haha yori watashi no hou ga hada ga shiroi desu.
はは より わたし の ほう が はだ が しろい です。
Arti

Haha : ibu
Watashi : saya
Hada : kulit
Shiroi : putih

Tias
Persis bahasa Indonesia ya.

Taiki
Persatuan Sepak bola Indonesia Solo? Apa hubungannya?

Tias
Bukan, maksud aku persis itu "mirip banget".

Taiki
Bilang dong, orang Jepang kayak aku mana tau.

Tias
Tapi klub sepak bola malah tau ya.

Taiki
Kebetulan aja😆

Tias
Mau tanya dong. Tadi より(yori) sendiri aja, bisa jadi kalimat, の ほう が(no hou ga) gimana?

Taiki
Bisa lah ~ Apa sih yang nggak bisa.
👨Otousan to oniisan to dochira ga se ga takai desu ka.
おとうさん と おにいさん と どちら が せ が たかい ですか。
Arti

Otousan : ayah (orang lain)
Oniisan : kakak laki2 (orang lain)
Dochira : yang mana
Sei ga takai : badannya tinggi

 

👩Ani no hou ga se ga takai desu
あに の ほう が せ が たかい です。
Arti

Ani : kakak laki2 (sendiri)

Taiki
Selain dijawab pake の ほう が (no hou ga), pertanyaan ini bisa dijawab juga kayak gini.
👦Zubon to sukaato to dochira ga benri da to omoimasuka.
ズボン と スカート と どちら が べんり だ と おもいますか。
Arti

Zubon : celana panjang
Sukaato : rok
Benri : praktis

 

👧 Dochira mo benri da to omoimasu.
どちら も べんり だ と おもいます。
Arti

Dochira mo : kedua-duanya

Taiki
Tuh, bisa kan~

Tias
Hmmm, gitu ya.

Taiki
Kemudian misalnya mau bilang "paling" kita bisa gunain いちばん(ichiban). Sebenarnya arti asli dari いちばん(ichiban) itu "nomor satu", tapi begitu masuk di kalimat diartikannya "paling".

N + が + いちばん + Adjective
KB + ga + ichiban + KS

Nihon no kashu no naka de ha kyari pamyu pamyu ga ichiban suki desu.
にほん の かしゅ の なか で は きゃりぱみゅぱみゅが いちばん すき です。
Arti

Kashu : penyanyi

 

Kankouchi no naka de tokyo tawa ga ichiban ninki desu.
かんこうち の なか で とうきょう タワー が いちばん にんき です。
Arti

Kankouchi : tempat wisata
Ninki : populer

Taiki
Buat pertanyaan bisa juga~
👧 Nihon de dono aidoru ga ichiban fan ga ooi desu ka?
にほん で どの アイドル が いちばん ファン が おおい ですか。
Arti

Dono : yang mana
Aidoru : idol
Ooi : banyak

👦Amari wakarimasen ga, arashi ga ichiban fan ga ooi to omoimasu.
あまり わかりません が、あらし が いちばん ファン が おおい と おもいます。
Arti

Taiki
Gimana, gimana?

Tias
Aku pengen ke Tokyo. Pengen lihat Tokyo tower.

Taiki
Gimana pelajaran hari ini maksudku?

Tias
Sorry, salah fokus aku. Tapi pelajarannya gampang kok.

Taiki
Gampang banget kan?

Tias
Iya, nggak pake ribet.

Kesimpulan :

Untuk menyatakan perbandingan dalam bahasa Jepang, kita bisa gunakan より(yori) atau のほうが(no hou ga). Bisa juga kita kombinasikan kedua pola tadi di satu kalimat. Sedangankan menyatakan "paling", biasa digunakan polaいちばん (ichiban).

Kalo kamu suka
tolong follow ya

Kita sampaikan Artikel Terbaru!

Follow Twitter

Artikel Dianjurkan