Taiki
Tias san, hari ini aku mau ajari kamu dua pola bahasa Jepang.

Tias
Langsung dua pola? Satu aja deh, plisss.

Taiki
Nawar dia. Berani kasih apa kamu?

Tias
Rambutan, mau?

Taiki
Ogah ah, bikin batuk.

Tias
Itu klo kebanyakan makannya.Btw, kok tau rambutan bisa bikin batuk? Pengalaman ya?

Taiki
Dah ah, dua pola skalian biar cepet. Sebelum ke penjelasan, lihat dulu contoh-contoh berikut.
1. Mado ga shimatte imasu.
まど が しまって います
Arti

Mado : jendela
Shimaru : tertutup

Mado ga shimete arimasu.
まど が しめて あります
Arti

Shimeru : menutup

 

2. Kyousitsu no doa wa kagi ga kakatte imasu.
きょうしつ の ドア は かぎ が かかって います
Arti

Kyousitsu : kelas
Doa : pintu
Kagi ga kakaru : terkunci

Kyousitsu no doa wa kagi ga kakete arimasu.
きょうしつ の ドア は かぎ が かけて あります
Arti

Kagi wo kakeru : mengunci

Taiki
Dari dua nomor contoh tadi, di tiap nomornya ada dua tipe kalimat kan.

Tias
Iya, ada.

Taiki
Nah, dari dua tipe itu coba kamu cari perbedaan-perbedaan yang kelihatan.

Tias
Perbedaan-perbedaan? Lebih dari satu dong.

Taiki
Memang.

Tias
Materi nggak bisa ditawar sekarang disuruh-suruh. Nasib-nasib..

Taiki
Mau cepet bisa bahasa Jepang, nurut lah sama guru. Siapa gurunya?

Tias
Taiki san.

Taiki
Itu tau. Gih, buruan dicari perbedaannya.

Tias
Oke. Hmm, bagian belakang beda. Satu "imasu", satu lagi "arimasu".

Taiki
Yup, yang lain.

Tias
Apalagi ya? Kata kerjanya?

Taiki
Kata kerjanya kenapa?

Tias
Yang nomor 1, "shimatte" dan "shimete". Nomor 2, "kakatte" sama "kakete".

Taiki
Cakep.

Tias
Tapi dari arti, sama tuh kalimat-kalimat tadi? Trus kenapa?

Taiki
Secara harfiahnya sih sama, tapi sebenarnya beda lho. Dan ini yang mau aku bahas hari ini, pola ~ています(~te imasu) sama pola~てあります(~te arimasu).

~ています(~te imasu)

Taiki
Kita mulai dari pola ~te imasu. Pola ini memiliki dua arti, yakni :
  1. Menyatakan kegiatan yang sedang berlanjut atau suatu rutinitas.
  2. Menyatakan suatu keadaan/kondisi/ situasi.

Tias
Bilangnya cuma dua, ini udah nyabang.

Taiki
Bagus dong. Kayak akar klo nyabang, tambah kuat kan pohonnya.

Tias
Aku bukan pohon.

Taiki
Lanjut dulu lah. ~te imasu menyatakan arti pertama, rumusnya :

KB+ wo + KK ~て+ imasu(*KB : kata benda. KK : kata kerja)

Taiki
Kata kerja bentuk ~te ya.
Imouto wa origami wo kitte imasu.
いもうと は おりがみ を きって います
Arti

Kami : kertas
Kiru : memotong

Ani san wa mai asa pan wo tabete imasu.
アニ さん は まい あさ パン を たべて います
Arti

Pan : roti
Taberu : makan

Taiki
Contoh pertama menyatakan "kegiatan sedang berlangsung" dan yang ke dua menyatakan "rutinitas". Trus kata kerja yang digunakan adalah "Kata Kerja Transitif", oleh karena itu partikel setelah kata benda "wo".

Tias
Hoo, gitu.

Taiki
Lalu rumus ~te imasu dengan arti ke dua :

KB+ ga + KK ~て+ imasu

Taiki
Dari rumus aja udah kelihatan bedanya kan?

Tias
Partikelnya beda ya, ini partikelnya "ga".

Taiki
Yup. ~te imasu arti kedua ini juga yang kadang bikin orang bingung.

Tias
Bingung kenapa?

Taiki
Bingung bedanya sama pola ~te arimasu. Kita ambil contoh di awal tadi ya.
Mado ga shimatte imasu.
まど が しまって います
Arti
Kyousitsu no doa wa kagi ga kakatte imasu.
きょうしつ の ドア は かぎ が かかって います
Arti

Taiki
Kalimat ini menginformasikan klo jendela dalam keadaan tertutup dan pintu terkunci. Sekedar menunjukkan keadaan aja yang kita temui atau lihat saat itu.

Tias
Cuma nunjukin keadaan ya, hmm.

Taiki
Sama satu lagi, kata kerja harus "Kata Kerja Intransitif" lho. Aku masih ada contoh lain nih, lihat jugaya.
Ki no eda ga orete imasu.
き の えだ が おれて います
Arti

Ki : pohon
Eda : ranting
Oreru : patah

Asoko ni akai kuruma ga tomatte imasu.
あそこ に あかい くるま が とまって います
Arti

Asoko : di sana
Akai : merah
Kuruma : mobil
Tomaru : berhenti

~てあります(~te arimasu)

Tias
Bahas ~te imasu aja dah panjang banget. Jangan-jangan ~te arimasu bercabang juga kayak ranting rambutan.

Taiki
Rambutan mulu dari tadi. Lagi ngidam rambutan?

Tias
Siapa yang ngidam, pengen aja kali.

Taiki
Kirain, nyebut mulu sih. Tenang ~te arimasu penjelasannya singkat kok. Rumusnya :

 

KB+ ga + KK ~て+ arimasu

Taiki
Ingat baik-baik, kata kerja yang digunain harus "Kata Kerja Transitif", partikelnya juga "ga". Lalu, bila pola ~te imasu tadi menunjukkan keadaan suatu hal, pola ini menunjukkan hasil dari perbuatan seseorang.
Mado ga shimete arimasu.
まど が しめて あります
Arti

Shimeru : menutup

Taiki
Contohnya kalimat ini. "Jendela tertutup" karena ada seseorang yang sengaja menutupnya demi suatu hal. Misal biar air hujan gak masuk dll.
Kyousitsu no doa wa kagi ga kakete arimasu.
きょうしつ の ドア は かぎ が かけて あります
Arti

Kagi wo kakeru : mengunci

Tias
Klo yang ini, pintu dikunci oleh seseorang bisa guru atau satpam gitu.

Taiki
Itu dah pinter. Pokoknya kita tau hal itu hasil perbuatan yang disengaja seseorang.
Gakuya no doa ni joyuu no namae ga kaite arimasu.
がくや の ドア に じょゆう の なまえ が かいて あります
Arti

Gakuya : ruang make up
Joyuu : aktris
Namae : nama
Kaku : menulis

Tsukue no ue ni kagi ga oite arimasu.
つくえ の うえ に かぎ が おいて あります
Arti

Tsukue : meja
Ue : di atas
Oku : meletakkan

 

Kesimpulan

Meskipun secara harfiah terlihat mirip, ~te imasu dan ~te arimasu memiliki arti yang berbeda. Kata kerja yang digunakan pun berbeda. ~te imasu tergantung fungsinya bisa menggunakan kata Kerja Transitif maupun Intransitif. Sedangkan ~te arimasu hanya dapat menggunakan kata kerja Transitif.

Kuy add LINE@ Japanesia!

Kita bink diary sehari-hari dengan bahasa Jepang yg mudah!

Klo kalian mau belajar bahasa Jepang dengan efektif, coba masuk aja!

Kita semuanya tunggu ikutan kalian ya! Makasih!

友だち追加

Kalo kamu suka
tolong follow ya

Kita sampaikan Artikel Terbaru!

Follow Twitter

Artikel Dianjurkan