Tias
Taiki san, mau tanya sesuatu dong.

Taiki
Apaan?

Tias
Soal kata kerja. Kata kerja di bahasa Jepang kok akhirannya beda-beda.

Taiki
Hmm? Klo ngomong yang jelas dikit.

Tias
Itu loh, kadang akhirannya ~masu ada juga yang ~mashita dll.

Taiki
Oh itu. Kata kerja bahasa Jepang emang berubah-ubah, salah satunya tergantung waktu digunainnya.

Tias
Maksudnya?

Taiki
Oke, aku jelasin pake contoh kalimat.
Gohan wo tabemasu.
(ごはん を たべます。)
Arti

gohan:nasi
tabemasu:makan

Taiki
Tabemasu ini kegiatannya blum terjadi, masih proses mau ngerjain. Makanya bisa juga diartiin "akan makan".
Mizu wo nomimasen.
(みず を のみません。)
Arti

mizu:air
nomimasen:tidak minum

Taiki
Akhiran ~masen buat menegatifkan kata kerja. Orang yang bilang seperti contoh di atas, punya niatan nggak minum air. Ditawari pun nggak akan minum dia.

Tias
Hoo

Taiki
Masih simpel kan?

Tias
Yang dua ini udah paham.

Taiki
Bagus, selanjutnya.
Kesa, gohan wo tabemashita.
(けさ、ごはん を たべました。)
Arti

kesa:tadi pagi
gohan:nasi
tabemashita:makan

Taiki
Ini nih, mungkin agak beda sama bahasa Indonesia. Sebelumnya mau tanya dulu aku. Di kalimat ini kapan makan nasi?

Tias
Tadi pagi.

Taiki
Udah dilakuin belum?

Tias
Udah lah.

Taiki
Nah itu, karna kegiatan udah dilakuin maka kata kerja yang digunain harus dibuat lampau, akhirannya jadi~mashita.

Tias
Berarti "kesa (tadi pagi)" buat penunjuk waktu perlu disebut ya?

Taiki
Iya dong. Biar jelas waktunya kapan.

Tias
Oh iya, ya.
Yube, mizu wo nomimasen deshita.
(ゆうべ、 みず を のみません でした。)
Arti

Yube : kemarin malam
mizu:air
nomimasen deshita:tidak minum

Taiki
Bukan hal yang udah dikerjain aja, nggak dikerjain pun tapi klo waktunya udah lewat ya perlu dilampaukan.

Tias
Hmm.

Taiki
Gimana?

Tias
Hehe, aku bingung.

Taiki
Gini deh, aku bikinin latihan. Coba terjemahin ke Jepang, ntar aku koreksi.
  1. Besok pergi ke Jepang.
  2. Dua hari yang lalu minum jus.
  3. Kemarin tidak tidur.

Tias
Oke, bentar. Butuh persiapan mental ini.

Taiki
Alah lebay, cepetan.

Tias
No 1. Jepang itu nihon. Karna besok, berarti blum terjadi jadi... Ashita, nihon e ikimasu.

Taiki
Good.

Tias
No 2. Klo ini udah dilakuin... Juusu wo nomimashita.

Taiki
Waktunya kapan?

Tias
Ups kelupaan. Ototoi, juusu wo nomimashita.

Taiki
Sipp.

Tias
No 3. Nggak dilakuin dan lampau, kemarin... oh iya bahasa Jepangnya kinou.. Kinou, nemasen deshita.

Taiki
Ini bisa.

Tias
Soalnya ini menyangkut harga diri aku.

Taiki
Mulai lagi kan.

Tias
Nggak terima aku diketawain kamu.

Taiki
Ya, terserah deh. Aku kasih latihan lagi, ntar kerjain juga.

 

Jawaban

 

Taiki
Kita ke percakapan ya.

Tias
Ok!
👨 Ringo wo tabemashita ka.
(りんご を たべました か。)
Arti

ringo:apel
tabemasita:sudah makan

 

👧 Iie, sakki tabemasen deshita.
(いいえ、さっき たべません でした。)
Arti

iie:tidak
sakki:tadi
tabemasen:tidak makan

 

👨 Ja, tabemasu ka.
(じゃあ、たべます か。)
Arti

ja:klo begitu
tabemasu:mau makan

 

👧 Hai, tabemasu.
(はい、たべます。)
Arti

iya:hai
tabemasen:tidak makan

Taiki
Udah paham skarang?

Tias
Habis ngerjain latihan, lumayan lahh.

Taiki
Pinter deh. Btw, tau nggak? selain kata kerja, kata benda sama kata sifat bahasa Jepang juga dirubah ke bentuk lampau lho.

Tias
Seriusan?

Taiki
Dua rius malah.

Tias
Oh tidakkk.

Taiki
Kita ke kata benda dulu, begini nih.
Watashi wa gakusei desu.
(わたし は がくせい です。)
Arti

Taiki
Karena berakhiran "desu", berarti "saya" di kalimat ini sekarang siswa.

 

Kare wa sensei ja arimasen.
(かれ は せんせい じゃ ありません。)
Arti

Kare : dia (laki-laki)

Taiki
"Ja arimasen" bentuk negatif dari "desu". Waktunya juga sekarang.
Watashi wa gakusei deshita.
(わたし は がくせい でした。)
Arti

Taiki
Ini dia bentuk lampaunya. "Saya murid" waktunya dulu. Sekarang bukan lagi murid.
Kare wa sensei ja arimasen deshita.
(かれ は せんせい じゃ ありません でした。)
Arti

Taiki
Negatif lampau berakhiran "ja arimasen deshita". Kalimat di atas "dulu dia bukan guru", sekarang bisa jadi dia adalah guru.

Tias
Pusing lagi deh.

Taiki
Tenangkan pikiran, trus coba soal ini.

 

Jawaban

Taiki
Lanjut percakapan.
👧 Anata wa gakusei desu ka.
(あなた は がくせい です か。)
Arti

 

👨 Iie, gakusei ja arimasen.
(いいえ、がくせい じゃ ありません。)
Arti

 

👧 Sensei desuka.
(せんせい ですか。)
Arti

 

👨 Hai, sensei deshita.
(はい、せんせい でした。)
Arti
👧 Ima wa.
(いま は。)
Arti

 

👨 Ima wa ginkouin desu.
(いま は ぎんこういん です。)
Arti

Taiki
Gampang kan ya?

Tias
Aku nggak bisa mikir...

Taiki
Haha. Klo gitu untuk kata sifat, kita lanjut lain kali aja ya.

Tias
Setuju banget. Udah keriting ni rambutku gara-gara mikir terus.

Taiki
Bukanya situ dari lahir keriting.

Kesimpulan

Taiki
Perubahan kata di bahasa Jepang sebenernya mudah, cuma karna di bahasa Indonesia nggak ada orang Indonesia belum terbiasa. Jadi, yuk latihan terus, biar makin oke plus lancarr.
Kuy add LINE@ Japanesia!

Kita bink diary sehari-hari dengan bahasa Jepang yg mudah!

Klo kalian mau belajar bahasa Jepang dengan efektif, coba masuk aja!

Kita semuanya tunggu ikutan kalian ya! Makasih!

友だち追加

Kalo kamu suka
tolong follow ya

Kita sampaikan Artikel Terbaru!

Follow Twitter

Artikel Dianjurkan