Taiki
Pergi makan yuk.

Tias
Kamu yang traktir oke? Dari kemarin bilang mau traktir nggak pernah jadi-jadi.

Taiki
Iya ya, maaf.

Tias
Btw, ada restoran baru lho di deket sini. Restoran Jepang.

Taiki
Beneran? Lama juga nih aku nggak makan makanan Jepang. Tiap hari nasi goreng melulu.

Tias
Pantesan, makin bulet aja. Makan minyak terus sih.

Taiki
Oh ya, restoran baru tadi menunya apa?

Tias
Sushi. Aku kan suka sushi. Makanya aku saranin.

Taiki
ATernyata. Yuk langsung ke sana aja.

 

Tias
Akhirnya sampai. Parah, macet banget tadi.

Taiki
Panas juga cuacanya.

Tias
Benci aku klo jalanan macet kayak tadi.

Taiki
Dari tadi ngomong "suka" "benci", tau nggak bahasa Jepangnya?

Tias
Ajarin lah, biar tau~

S + wa + KB + ga suki desu.

Tiassan wa sushi ga suki desu.
(てぃあすさん は すし が すきです。)
Arti

Sushi : makanan Jepang (nasi dengan ikan mentah)
Suki : suka

 

Watashi wa nasi goreng ga suki desu.
(わたし は nasi goreng が すきです。)
Arti

Taiki
Begini ya klo mau bilang suka dalam bahasa Jepang.

Tias
Hoo, suka itu "suki" ya.

Taiki
Lalu menyebut "sangat suka".

S + wa + KB + ga daisuki desu.

Daisuki : sangat suka
(わたし は すし が だいすきです。)
Arti

Saya sangat suka sushi.

Tias
"Suki" jadi "daisuki".

Taiki
Selanjutnya menyatakan "tidak suka".

S + wa + KB + ga amari suki ja arimasen.

Amari suki ja arimasen : tidak begitu suka

Watashi wa sushi ga amari suki ja arimasen.
(わたし は すし が あまり すきじゃありません。)
Arti

S + wa + KB + ga suki ja arimasen.

Suki ja arimasen : tidak suka

Watashi wa sushi ga suki ja arimasen.
(わたし は すし が すきじゃありません。)
Arti

 

S + wa + KB + ga zenzen suki ja arimasen.

Zenzen suki ja arimasen : sama sekali tidak suka.

Watashi wa sushi ga zenzen suki ja arimasen.
(わたし は すし が ぜんぜん すきじゃありません。)
Arti

Taiki
Ingat, kata "amari" dan "zenzen" harus diikuti kalimat negatif.

Tias
Misal aku bilang "watashi wa sushi ga amari suki desu", salah?

Taiki
Artinya jadi beda itu.

Tias
Hoo, oke deh. Trus nyebut "benci" gimana?

Taiki
Benci itu "kirai". Untuk pola kalimat masih sama, tinggal "suki" diganti "kirai".

S + wa + KB + ga kirai desu.

Tiassan wa juutai ga kirai desu.
(てぃあすさん は じゅうたい が きらいです。)
Arti

Juutai : macet
Kirai : benci

 

S + wa + KB + ga daikirai desu.

Tiassan wa juutai ga daikirai desu.
(てぃあすさん は じゅうたい が だいきらいです。)
Arti

Taiki
Menyatakan "tidak benci".

 

S + wa + KB + ga amari kirai ja arimasen.

Tiassan wa juutai ga amari kirai ja arimasen.
(ティアスさん は じゅうたい が あまり きらいじゃありません。)
Arti

 

S + wa + KB + ga kirai ja arimasen.

Tiassan wa juutai ga kirai ja arimasen.
(てぃあすさん は じゅうたい が きらいじゃありません。)
Arti

S + wa + KB + ga zenzen kirai ja arimasen.

Tiassan wa juutai ga zenzen kirai ja arimasen.
(てぃあすさん は じゅうたい が ぜんぜん きらいじゃありません。)
Arti

Tias
Eh iya bener, pola kalimat sama persis.

Taiki
Lanjut ke pertanyaan. Ada beberapa cara buat tanya, simak baik-baik ya.

Tias
Okee.

❔S+wa+ KB + ga suki/kirai desu ka.

Tiassan wa sushi ga suki desu ka.
(てぃあすさん は すし が すきですか。)
Arti
Hai, daisuki desu.
(はい、だいすきです。)
Arti

 

Tiassan wa juutai ga daikirai desu ka.
(てぃあすさん は じゅうたい が だいきらいですか。)

 

Iie, daikirai ja arimasen. Demo amari suki ja arimasen.
(いいえ、だいきらいじゃありません。でも、あまり すきじゃありません。)
Arti

Taiki
Tanya pakai "donna". Coba dijawab pake pola tadi.

❔S + wa + donna + KB + ga suki / kirai desu ka.

Anata wa donna sushi ga suki desu ka.
(あなた は どんな すし が すきですか。)
Arti

Kamu suka sushi yang bagaimana?

 

Watashi wa ikura ga suki desu.
(わたし は いくら が すきです。)
Arti

Ikura : telur ikan mentah

Taiki
Kebetulan nih ada ikura di menu, pesen sana.

Tias
Pasti lah.

Taiki
Gimana? Pasti dah paham kan.

Tias
Simple soalnya, gampang dipahami.

Taiki
Bagus. Sekarang coba praktek tanya ke aku.

Tias
Siapp

 

Taikisan wa donna sushi ga suki desu ka.
(たいきさん は どんな すし が すきですか。)

 

Taikisan suka sushi yang bagaimana?
(あなご が すきです。)
Arti

Anago ga suki desu.
Anago : sejenis ikan sidat

Tias
Anago teksturnya kayak lele.

Taiki
Ikan lele?

Tias
Belum pernah makan ya? Oke deh, besok tak ajak ke kantin, penyet lele di sana enak banget.

Taiki
Ngikut aja deh. Kita ke versi pertanyaan selanjutnya.

❔S+ wa + KB + no naka de + (nani/dare) ga suki/kirai desu ka.

Tiassan wa sushi no naka de nani ga kirai desu ka.
(てぃあすさん は すし の なか で なに が きらいですか。)
Arti

No naka de : di antara
Nani : apa

 

Kirai ja arimasen. Demo, sushi no naka de uni ga amari suki ja arimasen.
(きらいじゃありません。でも、すし の なか で うに が あまり すきじゃありません。)
Arti

Demo : tapi
Uni : bulu babi

Taiki
Ini beneran.

Tias
Iya, temen-temen bilang enak sih. Akunya aja kali yang nggak doyan.

Taiki
Padahal enak lho. Di restoran ini ada nggak ya? Aduh habis.

Tias
Di sini stoknya mungkin dikit.

Taiki
Yahh

Tias
Aku juga mau tanya, jawab beneran ya.

 

Taikisan wa sensei no naka de dare ga suki desu ka.
(たいきさん は せんせい の なか で だれ が すきですか。)
Arti

Sensei : guru
Dare : siapa

Andi sensei ga suki desu. Yasashii desu kara.
(あんでぃ せんせい が すきです。やさしい てすから。)
Arti

Yasashii : baik hati
Kara : karena

Tias
Iya, pak Andi baik banget.

Taiki
Haha. Keliatannya nggak ada masalah nih.

Tias
Iya, sampe sini blum bingung aku.

Taiki
Bagus klo begitu. Selain pola kayak di atas tadi, ada pola berikut.

Tias
Bedanya apa?

Taiki
Sama aja sih, cuma "suki/kirai" ditaruh di depan aja.

suki/kirai na + KB + (nan/dare) desu.

Suki na sushi wa ikura desu.
(すきな すし は いくら です。)
Arti

 

Kirai na koto wa juutai desu.
(きらいな こと は じゅうたい です。)
Arti

Taiki
Waktu tanya, pola sama di akhir ditambah "ka".

suki/kirai na + KB + (nan/dare) desu ka.

Suki na sushi wa nan desu ka.
(すきな すし は なん ですか。)
Arti
Kirai na koto wa nan desu ka.
(きらいな こと は なん ですか。)
Arti

Koto : Hal

Tias
Aku hafalin pola ini deh.

Taiki
Baguss.

Tias
Eh, ngomong- ngomong, kita kelamaen blajar sampe nggak pesen-pesen ini.

Taiki
Iya nih, tatapan pegawainya udah nggak enak banget.

Tias
Buruan pesen. Aku pokoknya mau ikura ya.

Taiki
Siapp

Kesimpulan

Taiki
Nggak sulit kan menyatakan suka atau benci dalam bahasa Jepang? Pola kalimat simpel dan begitu-begitu aja. Oh ya, di pertemuan kali ini kita cukupkan belajar "suki/kirai" ke suatu benda aja. Lain kali, kita lanjut yang lebih kompleks.
Kuy add LINE@ Japanesia!

Kita bink diary sehari-hari dengan bahasa Jepang yg mudah!

Klo kalian mau belajar bahasa Jepang dengan efektif, coba masuk aja!

Kita semuanya tunggu ikutan kalian ya! Makasih!

友だち追加

Kalo kamu suka
tolong follow ya

Kita sampaikan Artikel Terbaru!

Follow Twitter

Artikel Dianjurkan