Taiki
Tias san, pernah denger kata kerja transitif dan intransitif nggak?

Tias
Yang tinggal di pedalaman trus peradabannya blum maju kan. Cara orang zaman dulu hidup.

Taiki
Itu mah primitif.

Tias
Mirip.

Taiki
Mirip apanya? ~tif nya aja kali.

Tias
Hehe

Taiki
Lagian udah disebut kata kerja pula, nggak bakal nyambung lah. Aduhh, blum mulai udah pusing aku.

Tias
Sabar, orang sabar disayang Tuhan.

Taiki
Aku jelasin, denger baik-baik. Kata kerja Transitif itu kata kerja yang butuh objek. Klo Intransitif kebalikannya, dia nggak butuh objek.

Tias
Oh, yang ini maksudnya..

Taiki
Stop, komentar nanti aja. Sekarang dengerin dulu.

Tias
Iya iya.

Taiki
Nah, di bahasa Jepang ada juga kata kerja Transitif dan Intransitif. Contoh :

Contoh Transitif atau Intransitif

Transitif
Mado wo akemasu.
(まど あけます。 )
Arti

Mado : jendela

 

Intransitif
Mado ga akimasu.
まど あきます
Arti

 

Transitif
Kinou, kami wo kirimashita.
きのう、かみ きりました
Arti

Kami : rambut

 

Intransitif
Kinou, kami ga kiremashita.
きのう、かみ きれました
Arti

Tias
Udah boleh komentar?

Taiki
Iya, kenapa?

Tias
Ini sama kayak di bahasa Indonesia ya.

Taiki
Kok? Tadi aja ditanya jawabanmu ngawur.

Tias
Klo ini aku tau ya, cuman sebutannya aja yang lupa.

Taiki
Alasan aja.

Tias
Ya udah klo nggak percaya.

Taiki
Lalu untuk partikel, kata kerja Transitif pasti "をwo". Sedangkan Intransitif "がga".

Tias
Iya, paham.

Taiki
Coba lihat contoh lainnya.

 

Transitif
Sakuya, gokinjosan wo atsumemashita.
さくや、ごきんじょさん  あつめました
Arti

Sakuya : semalam
Gokinjosan : para tetangga

 

Intransitif
Sakuya, gokinjosan ga atsumarimashita.
さくや、ごきんじょさん  あつまりました
Arti

 

Transitif
Imouto wa atarashii omocha wo kakushimashita.
いもうと は あたらしい おもちゃ かくしました
Arti

Imouto : adik (pr)
Atarashii : baru
Omocha : mainan

 

Intransitif
Heya no naka de imouto ga kakuremashita.
へや の なか で いもうと かくれました
Arti

Hey : kamar
Naka : di dalam

 

Transitif
Ningyou wo ugokashimashita.
にんぎょう うごかしました
Arti

Ningyou : boneka

 

Intransitif
Ningyou ga ugokimashita.
にんぎょう うごきました
Arti

Tias
Bentar-bentar. Di bahasa Jepang gimana cara bedain Transitif sama Intransitif ?

Taiki
Pertanyaan bagus. Tapi, nggak da aturan pasti buat bedainnya.

Tias
Trus gimana dong.

Taiki
Hafalan lah.

Tias
Aduhhh.

Taiki
Tenang, aku dah buatin tabel pengelompokan katanya. Yang mirip-mirip juga udah aku jadiin satu.

Tias
Terima kasih.

Taiki
Ini tipe pertamanya.

Taiki
Tipe ke dua klo diperhatikan mirip tipe pertama. Cuma dibalik antara Transitif sama Intransitif.

Tias
Padahal cuma kebalikannya ya, tapi arti udah beda.

Taiki
Betul. Orang yang belajar bahasa Jepang kadang suka kebalik yang manaTransitif yang mana Intransitif di tipe ini.

Tias
Aku juga kayaknya bakal kebalik deh.

Taiki
Paling iya, tadi aja Transitif jadi "Primitif". Pake sok-sok alasan lagi.

Tias
Orang lupa mah bisa apa. Lagian emang mirip sih.

Taiki
Diiyain aja deh. Lanjut tipe ke tiga dan ke empat ya.

Taiki
Tabel terakhir ini isinya tipe-tipe lain yang belum kesebut. Karna beberapa ada yang satu tipe berlaku hanya untuk satu kata kerja, maka aku jadikan satu.

Taiki
Gimana? Ada yang mau ditanyain?

Tias
Partikel sih gampang, kata kerjanya aja yang ... lumayan lah.

Taiki
Sering-sering dibaca aja, ntar juga hafal sendiri.

Tias
Aku coba ya.

 

Kesimpulan

Sama halnya dengan bahasa Indonesia, dalam bahasa Jepang juga terdapat kata kerja Transitif dan Intransitif. Dalam bahasa Jepang, kata kerja Transitif ditandai partikel をwo, sedangkan kata kerja Intransitif partikel がga. Tidak ada aturan khusus untuk membedakan kata kerja Transitif dengan Intransitif, tetapi karena beberapa kata perubahannya mirip mudah untuk dihafal.

Kuy add LINE@ Japanesia!

Kita bink diary sehari-hari dengan bahasa Jepang yg mudah!

Klo kalian mau belajar bahasa Jepang dengan efektif, coba masuk aja!

Kita semuanya tunggu ikutan kalian ya! Makasih!

友だち追加

Kalo kamu suka
tolong follow ya

Kita sampaikan Artikel Terbaru!

Follow Twitter

Artikel Dianjurkan