Taiki
Kali ini kita akan belajar salam juga ungkapan dalam bahasa Jepang.

Tias
Udah sering dengar aku.

Taiki
Iyakah?? Coba sebutin satu salam bahasa Jepang.

Taiki
Nyanyi dia... tapi oke, 100 buat kamu. Klo salam yang lain tau nggak nih? Yup, langsung aja ya~.

Salam saat bertemu seseorang

Ohayou gozaimasu(おはようございます)
Arti
Selamat pagi

 

Konnichiwa(こんにちわ)
Arti
Selamat siang, Selamat sore

Tias
Selamat siang sama selamat sore sama?

Taiki
Iya, sama

Tias
Hoo, begitu

Taiki
Okee? Kita lanjut~
Konbanwa(こんばんわ)
Arti
Selamat malam

 

Oyasuminasai(おやすみなさい)
Arti
Selamat tidur
Hajimemashite(はじめまして)
Arti
Salam kenal

 

Ohisasiburi desu(おひさしぶりです)
Arti
Lama tidak jumpa

 

Salam saat berpisah

Mata(また)
Arti
Sampai jumpa
Sayonara(さよなら)
Arti
Sampai jumpa
Osakini(おさきに)
Arti
Duluan ya
Osakini shitsureishimasu(おさきに しつれいします)
Arti
Permisi duluan (lebih formal dari Osakini)
Otsukaresama deshita(おつかれさま でした)
Arti
Terima kasih kerja kerasnya
Gokurousama(ごくろうさま)
Arti
Terima kasih kerja kerasnya

Taiki
Yang pertama ada kata "Mata", bukan mata buat ngelihat lho ya. Kata "Mata" ini bisa digabung dengan kata lain dan artinya jadi sedikit berubah
Mata ashita(また あした)
Arti
Sampai jumpa besok
Mata raishuu(また らいしゅう)
Arti
Sampai jumpa minggu depan
Mata kondo(また こんど)
Arti
Sampai jumpa lain kali

Tias
Eh iya, artinya jadi beda.

Taiki
Iya, tinggal melihat kata yang mengikuti kata "Mata" aja.

Tias
Trus bedanya sama sayonara apa?

Taiki
Untuk mata jarak bertemu lagi, pendek. Bisa besok atau dua hari kemudian ketemu lagi. Klo sayonara jarak lebih lama dan bisa jadi nggak akan ketemu lagi.

Tias
Klo gitu, Sayonara~.

Taiki
Hey, belum selesai ini.

Tias
hehe...ngomong-ngomong dua salam trakhir bagus. Di indonesia nggak ada salam ini ya.

Taiki
Iya, besok coba kamu waktu pulang kerja ucapin gokurosama ke bos jepang kamu.

Tias
Pasti bakal dipuji ya?

Taiki
Yang ada langsung dipecat kamu, nggak sopan sama bos sih.

Tias
Lho, kenapa?

Taiki
"Gokurousama" itu ucapan cuma dari bos ke bawahan. Lebih netral kita pake otsukaresama deshita, bisa ke bos atau teman kerja

Saat bepergian dan setelah kembali

Ittekimasu(いってきます)
Arti
Aku berangkat
Itterasshai(いってらっしゃい)
Arti
Selamat jalan (jawaban dari orang rumah)
Tadaima(ただいま)
Arti
Aku pulang
Okaerinasai / Okaeri(おかえりなさい / おかえり)
Arti
Selamat datang (jawaban dari orang rumah)

Taiki
Masih lanjut ya~.

Tias
Ini yang diucapin nobita kartun kan?

Taiki
Ketauan nonton kartun kamu. Iya, ini percakapan antara orang rumah.

Saat bertamu ke rumah seseorang

Gomen kudasai(ごめん ください)
Arti
Permisi
Shitsurei shimasu(しつれい します)
Arti
Permisi
Ojama shimasu(おじゃま します)
Arti
Maaf mengganggu

Taiki
Ini penting nih buat kamu, klo bertamu itu salam dan nggak asal masuk gitu aja.

Tias
hehe, tau aja.

Taiki
Bertamu itu, pencet bel atau ucapin gomen kudasai. Saat udah dipersilahkan, waktu masuk bilang shitsureishimasu, bisa juga ojamashimasu.

Ungkapan terima kasih

Doumo arigatou gozaimasu(どうも ありがとう ございます)
Arti
Terima kasih banyak
Arigatou gozaimasu(ありがとう ございます)
Arti
Terima kasih
Arigatou(ありがとう)
Arti
Makasih ya
Sankyuu(さんきゅう)
Arti
Trimss

Taiki
Ini pasti pernah dengar juga kan~.

Tias
Iya, pernah dengar. Artinya sama aja kan ya?

Taiki
Benar, bedanya cuma tingkat formalitas aja. Bisa dibilang makin panjang, makin formal. Dan yang paling pendek informal yakni "Sankyuu".

Tias
"Sankyuu" kayak bahasa inggris yah.

Ungkapan permohonan maaf

Moushiwake gozaimasen(もうしわけ ございません)
Arti
Mohon maaf sekali
Sumimasen(すみません)
Arti
Mohon maaf
Gomenasai / Gomen(ごめんなさい / ごめん)
Arti
Maaf

Taiki

Sama kayak ungkapan terima kasih, ungkapan maaf dibedain sesuai formalitas.

Selain itu, dalam nggaknya rasa bersalah seseorang, bisa dilihat juga dari ungkapan mana yang dipakai.

Tias
Berarti moshi wake gozaimasen paling dalam rasa bersalahnya ya.hm hm.

Taiki
Yups, udah tau salah banyak minta maafnya cuma gomen, gak niat minta maaf itu.

Ucapan selamat

Omedetou(おめでとう)
Arti
Selamat

Taiki
Ada tambahan ini yakni ucapan selamat, simpel aja tinggal bilang omedetou. Omedetou bisa digunakan untuk macam-macam situasi.

 

 

Tanjoubi omedetou(たんじょうび おめでとう
Arti
Selamat ulang tahun
Kekkon omedetou (けっこん おめでとう
Arti
Selamat atas pernikahannya
Sotsugyou omedetou(そつぎょう おめでとう
Arti
Selamat atas kelulusannya

 

Kesimpulan

Taiki
Ada banyak salam dan ungkapan yang sehari-hari digunakan orang Jepang. Beberapa punya arti mirip, tapi situasi penggunaannya beda.

Tias
Kalau salah gimana, nanti dipecat.

Taiki
Haha, tadi cuma bercanda. Tidak apa, karena kita masih tahap belajar. Sering-sering saja dipraktekkan, pasti akan terbiasa.
Kuy add LINE@ Japanesia!

Kita bink diary sehari-hari dengan bahasa Jepang yg mudah!

Klo kalian mau belajar bahasa Jepang dengan efektif, coba masuk aja!

Kita semuanya tunggu ikutan kalian ya! Makasih!

友だち追加

Kalo kamu suka
tolong follow ya

Kita sampaikan Artikel Terbaru!

Follow Twitter

Artikel Dianjurkan