Hicha
Pulau Kyushu itu pulau utama yang paling hangat kan ya?

Taiki
Kalau dibandingkan sama Indonesia sih, jauh lebih dingin di musim dingin.

Hicha
Eh, seriusan? Yah… kukira lebih hangat, tadi kepikiran buat pindah ke sana aja, kali ya…

Taiki
Tapi tempatnya asyik, kok! Apalagi kalau ke Fukuoka, prefektur paling rame di pulau Kyushu.

Hicha
Oh ya? Coba ceritain, ada apa aja di sana!

1.Canal City Hakata

Taiki
Kalau ke Fukuoka, tempat pertama yang harus didatangin, tentu aja Canal City Hakata!

Hicha
Kota Kanal?

Taiki
Iya, tapi ini sebenarnya pusat perbelanjaan dan entertainment yang gedeeeee banget. Saking gedenya jadi disebut kota gitu, deh!

Hicha
Emang seberapa gede gitu?

Taiki
Ya, bayangin aja, di sini tuh ada 250 pertokoan, kafe, dan restoran, teater, bioskop, dan dua hotel, serta kanal yang membelah pusat perbelanjaan ini.

Hicha
Yah, kalau cuma pusat perbelanjaan, walaupun gede ya pasti gitu-gitu aja, kan?

Taiki
Jangan salah, di pusat kanal-nya ada air mancur dengan water show yang diadakan setiap tiga puluh menit sekali dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam, lho!

Hicha
Wow!

Taiki
Terus, pertunjukan air mancurnya juga berganti-ganti sesuai tema yang diangkat saat itu.

Hicha
Oke deh, kalau ke Fukuoka tempat ini nggak boleh dilewatin berarti!

Taiki
Selain itu, di lantai 5 ada Ramen Stadium dengan delapan toko Ramen khas seluruh Jepang, tapi tentu aja spesialnya Hakata Ramen dari Fukuoka.

Hicha
Pasti nggak bisa dikonsumsi oleh muslim?

Taiki
Iya, sih… Hakata Ramen itu kan spesialnya karena dibikin dengan sup tulang babi yang kental, jadi ya mau gimana lagi... Hehehe…
Akses
Kepopuleran
Fotospot

 

2.Yatai (Food Stalls)

Taiki
Selain Canal City, Fukuoka juga terkenal dengan Yatai atau warung-warung pinggir jalan, gitu…

Hicha
Kayak warung kaki lima gitu ya?

Taiki
Betuulll… Tapi ya tentu aja, makanan yang dijual ya makanan Jepang, terutama makanan khas Fukuoka, ya!

Hicha
Pasti salah satunya Hakata Ramen.

Taiki
Hohoho… Tentu aja! Selain itu ada Yakitori, Oden, dan lain-lain. Di sini juga tempat orang ngumpul-ngumpul dan minum-minum, lho… dan biasanya buka sampai jam 2 malam!

Hicha
Ngeliat fotonya mengingatkanku pada angkringan di pulau Jawa.

Taiki
Apa itu angkringan?

Hicha
Ntar deh kapan-kapan kuceritain tentang angkringan. Tapi masukinnya ke japanesia.net ya… 😛

Taiki
Yee…
Akses
Kepopuleran
Fotospot

 

3.Uminonakamachi

Taiki
Kalau ke Fukuoka, nggak lengkap kalau nggak ke Uminonakamachi.

Hicha
Umi itu laut, naka itu tengah, machi itu kota, jadi maksudnya kota di tengah laut?

Taiki
Yee… Umi itu kan bisa artinya pantai juga… Jadi ini sebenarnya taman di tepi pantai gitu...

Hicha
Hoo… Ada apa aja di sana?

Taiki
Taman ini sebenarnya taman yang berada di semenanjung di seberang pelabuhan kota Fukuoka. Tempat ini terbagi beberapa area, termasuk di antaranya taman bunga, taman bermain, arena olah raga, bahkan kebun binatang!

Hicha
Wih… banyak banget gitu, tempatnya luas banget ya?

Taiki
Dari ujung ke ujung itu sekitar empat kilometer, jadi berhubung lumayan capek kalau harus jalan kaki, banyak pengunjung di sini yang menyewa sepeda. 400 yen (kira-kira Rp.52ribu) per tiga jam, atau 700 yen (kira-kira Rp.91ribu) per hari.

Hicha
Kalau males ngayuh sepeda?

Taiki
Dasar pemalas!

Hicha
Yee… kan kadang-kadang capek gitu, lho…

Taiki
Ada juga bus yang beroperasi di musim tertentu, harganya 100 yen (kira-kira Rp.13ribu) per sekali naik, atau 300 yen (kira-kira Rp.39ribu) untuk one-day pass.

detail

  • Jam operasional:
    9:30-17:30 (Nov-Feb 17:00)
    Tutup 31 Des-1 Jan dan Senin-Selasa minggu pertama bulan Februari
  • Tiket masuk:
    450 yen (kira-kira Rp.59000), terdapat biaya tambahan untuk masuk ke beberapa area tertentu.

 

Akses
Kepopuleran
Fotospot

 

4.Ohori Park

Taiki
Kalau ingin taman yang nggak terlalu jauh dari tengah kota, bisa ke Ohori Park aja!

Hicha
Luasnya kayak Uminonakamachi juga?

Taiki
Nggak sih, tapi di sini ada kolam yang kelilingnya dua kilometer lebih dan populer sebagai tempat jogging atau untuk ngajak anjing jalan-jalan. Yang jelas, tempat ini gratis sih, makanya bisa didatengin kapan aja buat bersantai.

Hicha
Kayaknya yang zen banget gitu, ya!

Taiki
Di dekat sini ada Museum Seni Fukuoka juga, tapi lagi direnovasi, sih… Terus ada taman ala Jepang dan kuil Buddha juga. Niwa atau taman ala Jepang-nya berbayar sih kalau mau masuk…

detail

  • Jam operasional Japanese Garden:
    9:00-17:00 (18:00 di bulan Juni-Agustus)
    Tutup hari Senin (atau hari berikutnya jika Senin masuk hari libur), 29 Des – 3 Jan
  • Tiket masuk:
    240 yen (kira-kira Rp.32000)

 

Akses
Kepopuleran
Fotospot

 

5.Seaside Momochi

Taiki
Kalau mau ke tempat yang auranya Futuristik di Fukuoka, wajib banget berkunjung ke tempat ini.

Hicha
Adanya di tepi pantai?

Taiki
Hmm… ini tuh sebenarnya tanah reklamasi di teluk Hakata. Dulunya dibangun sebagai tempat untuk Asia Pacific Expo tahun 1989.

Hicha
Terus sekarang jadi tempat apa?

Taiki
Kalau sekarang jadi bangunan perkantoran, taman, pantai dan beberapa museum juga. Dan tentu aja pertokoan dan restoran yang bisa jadi alternatif tempat belanja dan makan-makan di Fukuoka.

Hicha
Iya ya, tampak futuristik!

Taiki
Selain itu, di sini nggak ada tiang telepon atau tiang listrik dan kabel-kabel yang terlihat, lho! Dan di Sini juga berdiri Fukuoka Tower yang merupakan bangunan tertinggi di Fukuoka!

Hicha
Wah… jarang-jarang ada tempat di Jepang yang nggak terlihat tiang dan kabel berseliweran!
Akses
Kepopuleran
Fotospot

 

6.Fukuoka Castle Ruin

Taiki
Salah satu hal yang terkenal dari Jepang itu kan kastil-nya tuh. Nah, tentu aja di Fukuoka juga ada kastil yang udah dibangun di zaman Edo.

Hicha
Bedanya sama kastil terkenal yang lain?

Taiki
Kastilnya udah nggak ada lagi, sekarang tinggal sisa-sisanya. Hehehe…

Hicha
Lah?

Taiki
Yah, seperti banyak kastil-kastil lain yang kena dampak Restorasi Meiji yang parno sama peninggalan-peninggalan zaman feudal, jadinya udah dihancurin deh…

Hicha
Kasihan banget!

Taiki
Sekarang di sekitar sisa-sisa kastil ini, jadi taman yang bagus banget buat Hanami, lho!

Hicha
Banyak pohon Sakura-nya?

Taiki
Tentu aja! Apalah Hanami tanpa Sakura! Hehehe… Oiya, sisa kastil ini juga berada di dekat Ohori Park, jadi bisa mampir sekalian, kan!
Akses
Kepopuleran
Fotospot

 

7.Nokonoshima

Taiki
Tempat selanjutnya masih di kota Fukuoka, tapi bukan di pulau Kyushu lagi, lho!

Hicha
Eh? Kok bisa?

Taiki
Iya, pulau kecil yang bisa ditempuh kira-kira 10 menit dengan ferry dari Ferry port Nokonoshima.

Hicha
Yang menarik dari tempat itu apa, gitu?

Taiki
Pulau ini disebut oasis terapung-nya Fukuoka, lho!

Hicha
Oiya? Kenapa gitu?

Taiki
Karena di sini ada taman bunga yang luas dan bunganya berganti tergantung musim-nya. Mulai dari bunga narcissus, plum, kamelia, sampai tulip juga ada!

Hicha
Pemandangannya juga bagus, ya!

Taiki
Di sini juga ada taman bermain untuk anak-anak, dan bisa rental kimono, juga foto pernikahan, lho!

Hicha
Yah… Taiki belum bisa ke sana dong! Kan belum ada calon… 😛

Taiki
Ngejek terosss…

detail

  • Jam buka taman:
    9:00-17:30 Senin-Sabtu (18:30 Minggu dan hari libur)
  • Tiket masuk:
    Dewasa 1000 yen (kira-kira Rp.130000)
    Anak-anak 500 yen (kira-kira Rp.65000)

 

Akses
Kepopuleran
Fotospot

8.Dazaifu

Taiki
Sekarang kita keluar dari kota Fukuoka.

Hicha
Tapi masih prefektur Fukuoka?

Taiki
Tentu aja!

Hicha
Apa gitu tempat yang menarik yang bukan di kota Fukuoka?

Taiki
Namanya Dazaifu.  Tempat ini sebenarnya pusat administrasi pulau Kyushu lima ratus tahun yang lalu.

Hicha
Wah… udah tua juga, ya!

Taiki
Pusat pemerintahannya sebenarnya di Kyoto sih, tapi pusat hubungan diplomasi dengan negara lain ada di Dazaifu.

Hicha
Jadi ini kayak kompleks gitu, ya?

Taiki
Yoi! Karena itu di sini selain banyak kuil, ada sisa kantor pemerintahan, dan museum juga, lho!

Hicha
Jadi sekali ke sini bisa ke banyak tempat sekaligus, ya!
Akses
Kepopuleran
Fotospot

 

9.Kitakyushu

Taiki
Selain Fukuoka yang merupakan salah satu kota besar, juga Dazaifu yang terkenal sebagai pusat pemerintahan masa lampau, kota terkenal lain di prefektur Fukuoka adalah Kitakyushu!

Hicha
Kukira itu nama prefektur lain! Hahaha

Taiki
Seperti namanya yang berarti “Kyushu Utara”, kota ini terletak di bagian paling utara pulau Kyushu. Juga merupakan penghubung antara pulau Kyushu dengan pulau Honshu.

Hicha
Yang aku dengar, kota ini juga sebenarnya kota industri gitu, ya?

Taiki
Yoi! Sebenarnya sih kota ini kota baru. Gabungan dari lima kota yang di-merger tahun 60an.

Hicha
Terus, apa gitu tempat yang menarik di sini?

Taiki
Tentu aja yang nggak boleh dilewatin itu Kawachi Wisteria Garden!

Hicha
Wah… bagus banget tunnel Wisteria-nya!

Taiki
Taman ini meskipun spesialisasi-nya bunga wisteria atau disebut juga bunga fuji, tapi sebenarnya buka sepanjang tahun, lho! Yah, tentu aja pas wisteria lagi mekar yang biasanya jatuh di akhir April sampai awal Mei jadi paling banyak dikunjungi.

Hicha
Apalagi tanggal segitu juga lagi libur Golden Week, ya!

Taiki
Betulll…

Hicha
Selain taman Kawachi ada apa lagi?

Taiki
Ada Kokura Castle yang termasuk kastil baru.

Hicha
Baru kenapa?

Taiki
Dulu pernah terjadi kebakaran di sini, jadi baru direkonstruksi lagi sekitar awal tahun 60an.

Hicha
Hoo…

Taiki
Halaman kastil ini yang dikenal sebagai Katsuyama Park juga dikenal sebagai spot hanami, lho!

Hicha
Yah… selama di Jepang mah, hanami kayaknya sama aja di mana-mana…

Taiki
Kamu mah ngomong gitu karena udah lama di Jepang, aja! 😛

Hicha
Hehehe… Terus ada apa lagi? Katanya kota industri, kok nggak ada tempat wisata yang berbau industri?

Taiki
Hohoho… tentu aja ada dong!

Hicha
Apa gitu?

Taiki
Karena Kitakyushu dulunya salah satu penghasil batu bara, jadi dipilih juga sebagai tempat produksi baja milik negara. Namanya Yawata Steel Works, berfungsi sebagai pemasok metal ke seluruh Jepang. Bahkan, pernah memasok 90% kebutuhan baja negara, lho!

Hicha
Wah… kukira produsen baja di Jepang itu Kobelco yang ada di Kobe aja!

Taiki
Selain itu ada juga Toto Museum, lho!

Hicha
Kok kayak merek toilet?

Taiki
Lah kan emang produsen toilet…

Hicha
Oalahhhh…

Taiki
Museum ini dibangun oleh perusahaan Toto untuk memperingati 100 tahun berdirinya prusahaan ini. Di sini selain ditampilkan revolusi toilet dari masa ke masa, juga ditampilkan alat makan porselen yang dulunya jadi bisnis sampingan.

Hicha
Wow… toilet disandingkan dengan alat makan!

Taiki
Tempat produksinya beda lah! Lagian, porselen produksi Toto kan memang terkenal kualitasnya, makanya bisa dijadikan alat makan juga.
Akses
Kepopuleran
Fotospot

 

10.Munakata Taisha

Taiki
Nah, kayaknya belum lengkap kalau ke suatu daerah di Jepang tapi nggak masukin kuil jadi spot wisata.

Hicha
Oh iya ya, kayaknya di Fukuoka banyak tamannya. Kalaupun ada kuil di Dazaifu, tapi ya bukan spot utama.

Taiki
Betul, makanya saatnya kita ke Munakata. Di sini ada Munakata Taisha yang merupakan kuil utama dari kuil Munakata di seluruh Jepang!

Hicha
Itu semacam aliran agama juga?

Taiki
Hmm… aku kurang tau juga, sih!

Hicha
Yee… gimana sih!

Taiki
Itu kan zaman dulu! Orang Jepang zaman sekarang mah ke kuil pas tahun baru atau kalau pas ingin berdoa aja. Soal sejarah dan alirannya nggak gitu tau…

Hicha
Oh gitu…

Taiki
Sebenarnya Munakata Taisha itu terdiri dari tiga kuil. Kuil original-nya ada di pulau Okinoshima kira-kira 60km dari Kyushu. Sayangnya tempat ini tertutup untuk umum.

Hicha
Jadi yang terbuka untuk umum yang mana?

Taiki
Dengerin sampe kelar dulu ah!

Hicha
Iya, maap… hehehe

Taiki
Yang kedua ada kuil Nakatsu-miya, letaknya di pulau Oshima. Juga di luar pulau Kyushu. Nah, yang sering disebut Munakata Taisha itu adalah kuil Hetsu-miya, yang merupakan kuil Munakata terbesar dan letaknya di pulau utama Kyushu.

Hicha
Oh gitu…

Taiki
Kuil ini dibangun sekitar abad ke-12, lho! Selain itu di sini juga ada artefak dari zaman dulu berupa keramik, perhiasan, dan lain-lain yang beberapa berasal dari Persia!

Hicha
Wah! Gimana ceritanya bisa ada artefak dari jauh gitu?

Taiki
Makanya datang dan cari tau sendiri langsung dong…

detail

  • Jam operasional:
    6:00-17:00
  • Tiket masuk:
    500 yen (kira-kira Rp.65000)
Akses
Kepopuleran
Fotospot

 

Kesimpulan

Sebagai salah satu prefektur terbesar di pulau Kyushu, Fukuokan menawarkan banyak hal yang belum tentu bisa ditemukan di prefektur lain. Mulai dari taman luas dengan berbagai atraksi di tepi pantai, sampai kawasan industri, dan tentu aja kuil tua. Bisa jadi salah satu alternatif tempat anti-mainstream kalau mau ke Jepang, lho… 😊

Kalo kamu suka
tolong follow ya

Kita sampaikan Artikel Terbaru!

Follow Twitter

Artikel Dianjurkan