Taiki
Kalau ada teman-temanku orang Indonesia lagi main ke Jepang, aku sering bingung kalau mereka nanyain tentang oleh-oleh khas Jepang.

Hicha
Bingung kenapa gitu?

Taiki
Yah, aku kan orang Jepang, jadi semua ya menurutku cuma ada di Jepang, hehe.

Hicha
Hoo... Ya udah, kali ini aku yang bakal nge-rekomendasi-in oleh-oleh khas Jepang yang, kayaknya sih, bisa bikin orang Indonesia seneng!

Taiki
Wogh... mantap! Apa aja, tuh?

1. Snack Jepang

Hicha
Yang jelas, makanan khas Jepang, dong!

Taiki
Iya juga, ya! Orang Indonesia kan doyan makan. Hehehe.

Hicha
Tau aja! Hahahaha... Tapi harus hati-hati banget kalau mau ngoleh-olehin snack Jepang, ya! Kan masyarakat Indonesia sebagian besarnya muslim, jadi harus dicek kandungannya agar tidak mengandung bahan haram. Seperti daging dan turunannya, juga yang mengandung alkohol.

Taiki
Wah... susah juga, ya! Jadi apa nih yang bisa direkomendasiin?

Hicha
Ada Samurai Ramen, beberapa jenis Tokyo Banana, dan beberapa jenis coklat. Tapi meskipun begitu sebenarnya masih agak sulit juga.

(Samurai Ramen)

 

(Tokyo Banana)

Taiki
Sulit kenapa?

Hicha
Yah, soalnya pemahaman orang buat definisi halal-haram beda-beda sih, ya. Ada yang selama bukan babi hajar aja, ada juga yang kalau menggunakan peralatan yang sama dengan bahan yang meragukan pun jatuhnya sudah haram, jadi buat oleh-oleh snack ini harus dipastikan penerimanya.

Taiki
Yah, repot benerr...

Hicha
Emberrr... padahal harganya relatif murah, gampang dibawa, dan rasanya juga khas Jepang.

Taiki
Tapi kalau snack tradisional Jepang kayaknya malah lebih muslim friendly, deh!

Hicha
Iya juga ya... yang kayak mochi, azuki, atau macha gitu kan rata-rata dari tumbuhan, ya!

Taiki
Iya, bisa jadi alternatif oleh-oleh jajanan khas Jepang, tuh!
Harga
Rekomendasi
Ke-Jepang-an

 

2. Barang-barang dengan tulisan Kanji atu Bahasa Jepang

Taiki
Yaudah, kalau bukan makanan, apa dong?

Hicha
Bisa juga dengan barang-barang yang ada tulisan kanji-nya, seperti T-shirt, pembatas buku, atau tas suede

Taiki
Wah... Itu juga Jepang banget, ya!

Hicha
Iya. Dan relatif gampang dibawa. Untuk harganya juga lumayan terjangkau.

Harga

  • Pembatas buku antara 300-500 yen (kira-kira Rp.39000-Rp.65000)
  • T-shirt antara 2000-5000 yen (kira-kira Rp.260000-Rp.650000)
Harga
Rekomendasi
Ke-Jepang-an

 

3. Payung Jepang

Taiki
Kalau menurutku, payung Jepang juga bisa dijadiin oleh-oleh, deh!

Hicha
Betul banget! Apalagi Indonesia sering hujan! Menurut kamu payung yang gimana tuh?

Taiki
Payung lipat bunga sakura?

Hicha
Hmm... itu juga khas Jepang, sih! Tapi tahu nggak, ternyata teman-temanku banyak yang tertarik sama payung bening, lho!

Taiki
Oh iya? Payung bening kan nggak bisa dilipat!

Hicha
Iya sih. Tapi jarang yang jual di Indonesia, makanya banyak yang kalau ke Jepang jadi beli sebagai oleh-oleh.

Taiki
Hoo... harganya juga nggak mahal sih ya... paling di kombini cuma 500 yen (kira-kira Rp.65000) aja.

Hicha
Iya, cuma bawanya agak susah sih, ya! Apalagi kalau banyak...
Harga
Rekomendasi
Ke-Jepang-an

4. Boneka Jepang

Taiki
Gimana dengan boneka Jepang?

Hicha
Itu juga banyak yang suka! Ada banyak jenisnya juga kan ya?

Taiki
Betulll... ada nihon ningyo yang berkarakter wanita Jepang dengan kostum tradisional, ada kokeshi doll, daruma, sampai manekineko

Hicha
Wah...

Taiki
Sayangnya harganya lumayan mahal. Apalagi kalau nihon ningyo buatan tangan, bisa ratusan ribu yen!

(Kokesi)

 

(Daruma)

Hicha
Hah? Ratusan ribu yen itu sama dengan puluhan juta rupiah dong?!!

Taiki
Yah... kamu punya lah duit segitu...

Hicha
Iya, nanti kalau aku nikah sama #crazyrichasian yah!

Taiki
Emang mereka mau?

Hicha
Ih... kamu mah!

Taiki
Hehehe...

Hicha
Terus, kayaknya agak susah dibawa, ya!

Taiki
Iya, biasanya dimasukin dalam kotak, jadi kalau beli banyak ya kotaknya juga banyak.

Hicha
Tapi ini khas Jepang banget, sih... Boleh lah kalau ada uang beli satu buat di rumah.

Taiki
Yee... itu mah buat kamu sendiri, namanya bukan oleh-oleh, dong!

Hicha
Biarinnn!
Harga
Rekomendasi
Ke-Jepang-an

5. Saputangan Jepang

Taiki
Atau bisa juga beliin saputangan Jepang. Ini juga banyak jenisnya.

Hicha
Oh iya, aku tahu! Ada Furoshiki yang buat wrapping trus ada juga saputangan biasa kan, ya?

Taiki
Iya, harganya juga relatif murah, mulai dari 300 yen (kira-kira Rp.69000) aja. Dan gampang juga dimasukin ke koper.
Harga
Rekomendasi
Ke-Jepang-an

6. Kipas Jepang / Sensu

Hicha
Kipas Jepang juga bisa, lho!

Taiki
Oh iya! Ada berbagai macam juga!

Hicha
Ada Sensu, payung lipat bergambar khas sakura, kastil, atau gunung fuji!

Taiki
Ada Ougi dan Uchiwa yang tidak bisa dilipat.

Hicha
Harganya juga bervariasi, ya... mulai dari yang murah (di bawah 500 yen atau sekitar Rp.65000) sampai yang mahal (di atas 1000 yen atau sekitar Rp.130000).

Taiki
Dan yang pasti tidak terlalu makan tempat, jadi mudah dibawa.
Harga
Rekomendasi
Ke-Jepang-an

7. Yukata & Jinbei

(Yukata)

Hicha
Selain itu, bisa juga bawain Yukata atau pakaian tradisional Jepang musim panas, sebagai oleh-oleh.

Taiki
Kalau untuk laki-laki namanya Jinbei

(Jinbei)

Hicha
Sayanganya, agak mahal ya... mulai dari 5000 yen (kira-kira Rp.650000).

Taiki
Dan kalau beli set yang banyak, bisa menghabiskan tempat di koper juga.

Hicha
Tapi jauh lebih terjangkau daripada set kimono Furisode yang harganya bisa ratusan juta rupiah, mah!
Harga
Rekomendasi
Ke-Jepang-an

8. Sumpit

Taiki
Karena orang Jepang makan dengan menggunakan sumpit, kenapa nggak ngasih oleh-oleh sumpit aja, gitu?

Hicha
Oh iya! Bisa juga!

Taiki
Sumpit atau dalam Bahasa Jepang-nya disebut ohashi ini dari segi harga dan desain juga bervariasi.

Hicha
Mulai dari di bawah 500 yen (~Rp.65000), sampai di atas 1000 yen (~Rp.130000)!

Taiki
Tergantung pada material, ukiran, pewarna, desain gambar, dan lain-lain!
Harga
Rekomendasi
Ke-Jepang-an

9. Keramik Jepang

Hicha
Selain itu, keramik khas Jepang juga bisa dijadiin oleh-oleh, lho!

Taiki
Mulai dari panci nabe, mangkuk nasi, gelas minum the, dan lain-lain.

Hicha
Harganya juga sangat bervariasi.

Taiki
Tapi agak berat, ya... Hehehe...
Harga
Rekomendasi
Ke-Jepang-an

10. Mainan Jepang

Hicha
Kalau mainan khas Jepang, gimana? Kamu ada ide nggak?

Taiki
Ya ada, dong! Kendama, Hagoita, Koma, sama Tako, kali ya!

Hicha
Hah? Apaan tuh?

Taiki
Kendama itu mainan yang begini nih...

Hicha
Hoo... aku tahu! Ini kita mantulin bola ke bagian-bagian tertentu di pegangannya, kan ya?

Taiki
Betull... harganya juga macam-macam, mulai dari yang di bawah 500 yen (sekitar Rp.65000) yang bahannya dari plastik, sampai yang di atas 2000 yen (sekitar Rp.260000)!

Hicha
Terus yang lainnya apa?

Taiki
Hagoita itu sejenis badminton tradisional Jepang, kalau Koma itu cara memainkannya mirip dengan gasing, tapi tentu saja bentuknya ala Jepang. Begitu juga dengan Tako atau laying-layang khas Jepang.

Hicha
Harganya juga mirip-mirip Kendama, kah?

Taiki
Iya. Yang berbahan kayu dan buatan tangan, jelas lebih mahal daripada yang dari plastik buatan pabrik.
Harga
Rekomendasi
Ke-Jepang-an

(bonus) Kosmetik Jepang

Hicha
Buat teman cewek atau make-up enthusiast, kosmetik dan skin care Jepang juga jadi pilihan oleh-oleh yang menarik, lho!

Taiki
Yah, kalau itu mah aku nggak ngerti sama sekali... Hehe...

Hicha
Ya iya lah... kamu mandi aja seminggu sekali...

Taiki
Oi! Dua kali seminggu ya!!

Hicha
Aduh... Yang relatif murah dan gampang dibawa itu misalnya sheetmask yang bergambar karakter Jepang, hand cream, lip balm, make-up buat alis, hmm... apa lagi ya?

Harga
Rekomendasi
Ke-Jepang-an

Taiki
Ah... kamu juga paling nggak ngerti-ngerti amat...

Hicha
Biarin ah! Btw, kamu tahu nggak di mana bisa beli oleh-oleh khas Jepang yang kita omongin tadi?

Taiki
Tentu aja! Barang-barang khas Jepang tersebut bisa dibeli di toko 100 yen seperti Daiso, Flet’s, atau Seria. Atau kalau yang mau lebih berkualitas bisa dibeli di di Tokyu Hands atau Don quijote yang hamper selalu ada di kota-kota besar.

Hicha
Untuk barang-barang handmade, bisa diperoleh di pengrajinnya langsung, atau toko-toko penjual yang biasanya ada di daerah wisata.

Taiki
Betul sekali! Atau bisa juga main ke Shotengai atau pusat perbelanjaan yang biasanya ada di pusat kota.

Kesimpulan

Berwisata di Jepang belum lengkap kalau pulang tanpa membawa oleh-oleh. Ada banyak jenis dan harga yang ditawarkan. Mulai dari makanan sampai kosmetik! Tentu saja semuanya khas Jepang, dong ya! Tambahan lagi, semuanya mudah diperoleh, mulai dari di toko 100 yen, sampai di daerah-daerah wisata tentunya.

Kalo kamu suka
tolong follow ya

Kita sampaikan Artikel Terbaru!

Follow Twitter

Artikel Dianjurkan