Taiki
Aku tahu, salah satu impian kamu itu bermain salju, kan ya?

Hicha
Ya iyalah, namanya aja lahir di negara tropis... bukan hanya impianku, tapi hampir semua orang Indonesia, kayaknya.

Taiki
Padahal kan dinginnya bikin otak beku, lho!!

Hicha
Yah, kan kalau main badan jadi hangat, otaknya mencair lagi, deh... 😛

Taiki
 -___-“

Hicha
Ada rekomendasi tempat asyik buat main salju di Jepang, nggak?

 

1. Yuzawa

Taiki
Tentu aja! Yang wajib didatangi itu ya Yuzawa, dong!

Hicha
Kenapa gitu?

Taiki
Karena daerah ini adalah salah satu snow resort terbesar di Jepang! Terus, paling dekat dari Tokyo juga!

Hicha
Oya?

Taiki
Tempat ini bisa ditempuh kurang dari dua jam dari stasiun Tokyo

(Hot Spring)

Taiki
Terus, ada sekitar 20 resorts di daerah ini. Mulai dari yang cuma punya satu lift, sampai ada yang 30!

Hicha
Wah...

Taiki
Dari yang dekat pusat kota, sampai yang lebih terpencil.

Hicha
Aksesnya susah dong?

Taiki
Jangan khawatir, semuanya bisa dijangkau dengan transportasi publik!

Hicha
Kelihatannya dingin banget, ya!

Taiki
Di sini juga tempatnya onsen, lho!

Hicha
Habis seru-seruan bisa langsung menghangatkan diri dong, ya! 😊

Taiki
Salah satu resort yang paling terkenal dan gampang diakses adalah Gala Yuzawa. Dari stasiun Tokyo cum 1.5jam aja.

Hicha
Wah... bisa main seharian aja tanpa menginap, dong?

Taiki
Iya, dong! Makanya, tempat ini terkenal sebagai winter escape-nya penduduk Tokyo. Tempat ini dibuka dari pertengahan Desember sampai awal Mei tahun berikutnya.

Harga tiket

  • 1-day pass : 4600 yen (kira-kira Rp.600000)
  • Half-day pass: 3700 yen (kira-kira Rp.480000).

2. Appi kogen

Taiki
Kalau mau lebih ke utara, bisa juga ke Appi Kogen di prefektur Iwate

Hicha
Bedanya dengan Yuzawa?

Taiki
Tempat ini berada di slope gunung Maemori dan Nishimori. Kalau sampai di puncaknya kita bisa melihat gunung Iwate dan Hachimantai juga, lho!

Hicha
Wah... resorts yang dikelilingi oleh gunung, ya!

Taiki
Hachimantai ini adalah tempatnya taman nasional dan memiliki puncak bertipe flat-topped, bagus buat spot Momiji pas musim gugur, lho!

Hicha
Oi, fokus oi! Kan kita lagi ngomongin Snow Resorts! Gimana sih?

Taiki
Biarin, ah! Galak banget ah kamu!

Hicha
Yee... terus resort yang recommended di daerah ini, apa?

Taiki
Tentu saja Appi Kogen Ski Resort! Di sini ada track ski sepanjang 5500 meter lho!

Hicha
Wow!!

Harga tiket

  • ※Buka awal Desember-awal Mei
  • 1-day pass : 5900 yen (kira-kira Rp.770000)
  • Hald-day pass: 5300 yen (kira-kira Rp.690000)
  • Nighter: 2200 yen (kira-kira Rp.286000)

 

3. Rusutsu

Taiki
Tentu aja belum ngomongin salju di Jepang kalau nggak masukin Hokkaido.

Hicha
Oh iya... Berada di bagian paling utara Jepang, Hokkaido jadi tempat yang paling duluan mengalami musim dingin setiap tahunnya sih ya!

Taiki
Betulll... Salah satu daerah yang terkenal dengan ski resort-nya adalah Rusutsu.

Hicha
Ada apa aja di sini?

Taiki
Ada area ski yang luas di sekitaran tiga gunung, juga dekat dengan Danau Toya, lho!

Hicha
Terus ada pemandian air panas juga, nggak?

Taiki
Ya ada, dong! Nggak cuma itu, di sini ada taman bermain dengan 60 atraksi dan 8 roller coaster juga, lho!

Hicha
Kedinginan atuh musim dingin kok naik roller coaster...

Taiki
Tenang, wahana bermainnya hanya buka di musim panas, kok!

Hicha
Wah, jadi lengkap ya! Bisa main di sini pas musim dingin maupun musim panas!

Taiki
Iya, kan!

Harga tiket

  • ※Ski resort beroperasi pada akhir November-awal April
  • 1-day pass: 5900 yen (kira-kira Rp.780000)
  • Half-day pass: 4600 yen (kira-kira Rp.600000)
  • Nightery: 2600 yen (kira-kira Rp.338000)

 

4. Hachi Kita Kogen

Hicha
Dari tadi kita cerita tentang daerah belahan timur terus nih... di bagian bara Jepang nggak bisa main salju, ya?

Taiki
Hohoho... tentu saja bisa, ya!

Hicha
Di mana, coba?

Taiki
Di Hachi Kita Kogen di prefektur Hyogo! Memang sih, wilayah Kansai itu relatif lebih hangat daripada daerah bagian timur Jepang, jadi saljunya juga sedikit.

Hicha
Iya, ya!

Taiki
Tapi buat yang tinggal di Kansai, nggak perlu jauh-jauh ke Niigata atau Hokkaido buat main ski.

Harga

  • ※Buka pertengahan Desember – akhir Maret
  • 1-day pass:
    Dewasa 4500 yen (kira-kira Rp.585000)
    Anak-anak (12 tahun ke bawah) 3500 yen (kira-kira Rp.450000)

5. Gokase Highland

Hicha
Kalau Kyushu gimana? Kan letaknya lebih barat lagi daripada daerah Kansai. Ada ski resort juga nggak di sana?

Taiki
Jangan khawatir! Ada Gokase Highland di prefektur Miyazaki. Daerah ini satu-satunya resort ski dengan salju alami di pulau Kyushu lho!

Hicha
Oh ya?

Taiki
Tapi ya emang sih, karena lebih hangat jadinya tempat ini cuma buka dari awal Desember sampai awal Maret.

Harga tiket

  • 1-day pass (weekend dan libur nasional):
  • Dewasa 5000 yen (kira-kira Rp.650000)
  • Anak-anak (12 tahun ke bawah) 3300 yen (kira-kira Rp.430000)
  • 1-day pass (weekdays):
  • Dewasa 4000 yen (kira-kira Rp.520000)
  • Anak-anak (12 tahun ke bawah) 2800 yen (kira-kira Rp.370000)

Hicha
Lalu, kira-kira kalau mau main salju di ski resort, apa aja yang harus disiapkan?

Taiki
Yang jelas sih ski dan snow gear!

Hicha
Apa aja, tuh?

Taiki
Papan dan tongkat ski, ski boots, helm, jaket, dan celana khusus untuk olahraga salju, sarung tangan, kaus kaki khusus, kupluk, dan kacamata goggle. Jangan lupa juga pakaian berlapis dan hangat.

Hicha
Yah... buat turis Indonesia, rugi dong kalau harus beli semuanya itu... nanti kan nggak bisa dipake lagi.

Taiki
Tenang aja! Di setiap ski resort selalu menyediakan rental semuanya, kok! Kecuali untuk pakaian dalam tentunya. Hehehe...

Hicha
Ih... siapa juga yang mau nyewa pakaian dalam?!

Taiki
Yah, siapa tahu, kan! 😛

Hicha
Terus buat pakaian berlapis ini maksudnya gimana, ya?

Taiki
Dimulai dari pakaian dalam seperti kaus dan legging heatech, baju biasa yang menghangatkan, dan kalau perlu ditambah sweater lagi sebelum memakai jaket dan celana khusus ski.

Hicha
Oh gitu... di ski resort tadi kita nggak cuma bisa main ski, kan ya?

Taiki
Tentu aja! Kamu bisa main snowboard, sledding, mandi di onsen, bahkan ada juga resort yang menyediakan tempat kemping lho!

(Snowboard)

(Kamp musim dingin)

Hicha
Wah... sepertinya seru!

Taiki
Di masing-masing ski resort juga biasanya bisa mengambil kursus singkat winter sport dengan harga yang bervariasi.

Hicha
Jadi nggak perlu takut, walaupun baru pertama kali mencoba, ya!

Taiki
Bener banget! Tapi, hati-hati jangan sampai hypothermia, ya!

Hicha
Sediakan juga hand warmer, makanan tinggi kalori, dan minuman hangat biar tubuh nggak kedinginan.

Kesimpulan

Sebagai negara dengan empat musim, menikmati musim dingin di Jepang tidak akan lengkap tanpa mencoba bermain salju di ski resort yang hampir ada di semua bagian Jepang, terutama daerah timur yang cenderung lebih dingin. Di sini kita tidak hanya bisa bermain salju, tapi juga bisa mencoba ski, snowboard, dan lain-lain. Jangan khawatir, di setiap ski resort biasanya selalu menyediakan snow gear dan kursus singkat ski atau snow board. Selamat bermain salju... hati-hati jangan sampai kedinginan, ya!

Kuy add LINE@ Japanesia!

Kita bink diary sehari-hari dengan bahasa Jepang yg mudah!

Klo kalian mau belajar bahasa Jepang dengan efektif, coba masuk aja!

Kita semuanya tunggu ikutan kalian ya! Makasih!

友だち追加

Kalo kamu suka
tolong follow ya

Kita sampaikan Artikel Terbaru!

Follow Twitter

Artikel Dianjurkan